HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Lebak, 14/07/2017), Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) bersama Bank Indonesia (BI) Divisi Provinsi Banten menggelar panen perdana bibit varietas Mira 1  di Desa Tambang Baya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, Jumat (14/07). Varietas Mira 1 merupakan varietas padi unggul hasil penelitian BATAN yang memanfaatkan sinar radiasi gamma yang dipancarkan pada benih padi sehingga menghasilkan benih yang berkualitas.

Berdasarkan prediksi Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Kabupaten Lebak, produksi 1 Ha benih Mira 1 mencapai 4 ton untuk label benih dasar.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lebak, Dede Supriyatna, diversifikasi varietas padi sangat diperlukan di daerah Lebak, hal ini dibuktikan saat ini sedang terjadi serangan hama wereng batang coklat (WBC) yg menyerang tanaman padi terutama varietas IR-64 dan Ciherang. Varietas Mira 1 ini, lanjut Dede Supriyatna, selain produktivitasnya tinggi juga disukai oleh Masyarakat Lebak karena rasanya dan dapat menggantikan varietas padi Ciherang dan IR-64 yang sudah puluhan tahun ditanam petani sehingga mengakibatkan daerah Lebak rentan WBC.

Kepala PAIR, Totti Tjiptosumirat mengatakan, panen perdana ini merupakan hasil kerja sama antara PAIR dengan BI. PAIR yang menyediakan tenaga supervisi dan bibit padi berupa breeder seed. Sedangkan BI berpartisipasi menyediakan bibit benih dasar atau foundation seed bersama Dinas Pertanian Kabupaten Lebak dan Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Menurut Kepala Divisi BI Provinsi Banten, Budiharjo Setiyawan, sebagai lembaga moneter Indonesia, BI mempunyai tugas baru dalam rangka menekan inflasi yang salah satunya disebabkan adanya kelangkaan komoditas kebutuhan pokok masyarakat. Untuk itulah, BI menggandeng BATAN dan Dinas Pertanian Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten mengajak masyarakat petani di wilayah Banten untuk menanam benih unggul hasil penelitian BATAN. Dengan begitu, Budiharjo berharap kelangkaan benih padi tidak terjadi dan dapat menekan potensi impor beras. (Sumber : Totti Tjiptosumirat)