HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 17/10/2017) Dalam rangka implementasi kegiatan TC-IAEA (INS 6019) dengan judul “Using Stable Isotope Tracer for Studying the Vitamin A Status of Children”, Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi – Badan Tenaga Nuklir Nasional (PAIR-BATAN) menerima kunjungan expert (expert mission) dari IAEA, Assoc. Prof. Dr. Thomas Walczyk dari National University of Singapore. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 17 sampai dengan 20 Oktober 2017, diterima oleh Kepala PAIR-BATAN, Totti Tjiptosumirat.

Agenda utama dari kunjungan expert adalah untuk melakukan review dan supervisi terhadap pelaksanaan TC-INS 6/019 yang sedang dilakukan serta mendiskusikan rencana kegiatan yang akan datang. Selain itu, akan disampaikan presentasi (lectures) mengenai pemanfaatan isotop stabil besi (Fe) sebagai tracer pada studi nutrisi bagi manusia, antara lain meliputi prinsip metodologi, estimasi dosis, prosedur sampling, preparasi sampel dan analisis isotop, proses pengolahan data spektometer dan analisis data.

Kegiatan TC-INS 6019 dengan Penanggung jawab Dr. Hendig Winarno, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peneliti dalam pemanfaatan teknik isotop stabil dan mengevaluasi strategi penurunan penyakit anemia yang terjadi pada anak-anak sekolah di Bogor, khususnya pada anak perempuan. Pelaksanaan kontrak riset ini melibatkan para peneliti dari PAIR-BATAN dan Puslitbang Upaya Kesehatan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan.

Sebagai hasil dari kunjungan expert ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas litbang PAIR-BATAN, khsusunya bagi para peneliti yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan TC.