HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 01/11/2017) Sebagai lembaga penelitian Iptek nuklir yang juga bergerak di bidang pertanian, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah menghasilkan varietas padi tropiko yang merupakan hasil persilangan dari padi Koshihikari yang merupakan padi berkualitas terbaik dari Jepang yang memiliki karakteristik beras pulen dan beraroma wangi dengan padi IR 36 yang terkenal memiliki ketahanan terhadap hama.   

Dengan umur genjah yang pendek dan potensi hasil mencapai 10 ton/ha menimbulkan ketertarikan banyak pihak untuk menanamnya, salah satunya adalah PT Sang Hyang Seri sebagai badan usaha milik negara yang bergerak pada bidang pemasaran dan perdagangan benih pertanian.

Saat ini PT. Sang Hyang Seri sedang menguji coba tanam varietas padi tropiko BATAN dengan luas lahan 0,5 hektar pada lahan kami di Sukamandi, direncanakan nanti setelah panen kami akan mengundang para penyalur yang akan menjadi distributor kami, sekaligus mengenalkan varietas padi baru ini.

"Dengan keunggulannya varietas padi tropiko nantinya akan kami tempatkan pada celah pasar Premium, ditargetkan pada tahun 2018 PT Sang Hyang Seri telah dapat memproduksi padi tropiko sebesar 500 ton," jelas Direktur Utama PT. Sang Hyang Seri Syaiful Bachri setelah acara penandatanganan kerja sama antara BATAN dan PT. Sang Hyang Seri, di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Selasa (31/10).

Hadir menyaksikan dalam acara penandatanganan tersebut Kepala BATAN Djarot Sulistio Wisnubroto menjelaskan, latar belakang dari kerja sama ini adalah BATAN sebagai lembaga pemerintah pada bidang penelitian Iptek nuklir menginginkan agar produk produk hasil penelitian kami dapat berguna bagi kesejahteraan masyarakat luas melalui kemitraan dengan PT Sang Hyang Seri

Sebagai badan usaha milik negara yang memiliki jejaring luas di bidang pertanian, diharapkan PT. Sang Hyang Seri dapat menjangkau lebih banyak lagi petani dalam memanfaatkan produk produk penelitian yang telah dihasilkan oleh BATAN. (Adhi)