HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 24/11/2017)  Bertempat di Gedung Pertemuan Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), Tim Camat PAIR Kamis (24/11/2017) mengadakan sharing knowledge tentang Workshop Tata Kelola Pembinaan Tenaga Fungsional Peneliti (TKP-TFP) dengan  nara sumber Tim Gugus TKP-TFP.

Acara dihadiri oleh Kepala PAIR (Totti Tjiptosumirat), para Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan PAIR, para Peneliti, Kepala Kelompok, dan Tim Camat. Membuka acara ini, Totti menyampaikan bahwa terbentuknya TKP-TFP adalah merupakan kepanjangan tangan dari Tim KPTF yang telah terbentuk dan melakukan kegiatan yang belum tertuang dalam tugas Tim KPTF.  Salah satu output hasil litbang peneliti adalah publikasi Karya Tulis Ilmiah (KTI).  Oleh karena itu, Peneliti sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), harus mampu mengkomunikasikan dan menyampaikan hasil pemikirannya berupa KTI kepada masyarakat luas. Di samping itu, dalam pelaksanaan kegiatan litbang para Peneliti diharapkan bisa saling mendukung dan sinergi serta menghargai orang lain.

Presentasi yang disampaikan oleh Tim  TKP-TFP, Irawan Sugoro, mengulas kondisi Peneliti di PAIR dilihat dari segi usia, pendidikan dan jabatan fungsional. PAIR dituntut untuk memiliki tenaga fungsional peneliti yang solid, kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) yang berkesinambungan serta menghasilkan produk litbang yang berkualitas untuk kesejahteraan masyarakat. Dalam pemaparannya, disampaikan pula tentang program kerja Tim TKP-TFP. Salah satu program Tim TKP-TFP adalah membuat Standard Operating Prosedure (SOP) Tata Kelola Pembinaan Tenaga Fungsional Peneliti diantaranya: Proses Pembuatan Surat Tugas Pembinaan, Pelaksanaan Litbang, Publikasi KTI untuk Peneliti Pertama dan Muda, Publikasi KTI untuk Peneliti Madya dan Utama, Pelaksanaan Coaching Mentoring sebagai bagian dari Pembinaan terhadap Fungsional Peneliti, serta Pelaksanaan Presentasi Peneliti Madya dan Utama. Materi tersebut disampaikan pula oleh Farah Nurlidar, yang juga merupakan anggota tim TKP-TFP. Acara sharing knowledge diakhiri dengan diskusi interaktif. (Anari, RbK)