HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 17 Januari 2018), 21 mahasiswa dari berbagai Universitas di Indonesia yang melaksanakan penelitian di Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)-BATAN antara lain : IPB, UGM, Univ. Udayana, Univ. Muhammadiyah Jakarta, Univ. Airlangga dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya hadir dalam acara kuliah umum yang diselenggarakan PAIR- BATAN pada tanggal 16 Januari 2018 bertempat di PAIR BATAN. Kuliah umum kali ini mengangkat tema “Aplikasi Iptek Nuklir dalam Bidang Pertanian”.  Tujuan diadakan kuliah umum ini adalah untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi mengenai kegiatan litbang dan hasil-hasilnya khususnya di bidang pertanian kepada para mahasiswa yang melakukan penelitian di PAIR.

Acara kuliah umum diawali dengan presentasi Kepala Bidang Pertanian PAIR (DR. Irawan Sugoro), yang memaparkan tentang Visi dan Misi PAIR BATAN, dilanjutkan dengan pemaparan mengenai kegiatan dan hasil litbang di Bidang Pertanian.

Kuliah Umum selanjutnya, disampaikan oleh Prof. Dr. Soeranto Human yang memaparkan mengenai aplikasi Iptek Nuklir di bidang pertanian. Dalam presentasinya beliau juga menekankan bahwa jangan ragu dengan produk mutasi, karena radiasi hanya merubah struktur genetik saja. Tidak ada perbedaan antara mutasi alami dan mutasi induksi, sehingga produk hasil mutasi dari sumber apapun akan sama amannya.

Walaupun mahasiswa yang hadir tidak semua berasal dari Fakultas Pertanian, namun mereka antusias mengikuti acara ini serta aktif mengajukan pertanyaan di dalam forum diskusi.  Keingintahuan mereka tentang hasil litbang PAIR membuat suasana kuliah umum dan diskusi ini menjadi hidup dan menarik.

Acara kuliah umum diakhiari dengan kunjungan ke National Sains Techno Park (NSTP), sehingga para Mahasiswa dapat melihat secara langsung kegiatan dan hasil litbang PAIR di bidang pertanian. (anari).