HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jkt., 26 April 2018), Telah terjadi bencana gempa bumi di pantai Jawa Bagian Barat dengan magnitude 8,7 SR. Gempa berpusat di 7.21 Lintang Selatan, 105.91 Bujur Timur atau 81 km Barat Daya Lebak, Banten.  Kedalaman gempa adalah 10 km dan berpontensi Tsunami.  Demikian arahan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi - BATAN (Totti Tjiptosumirat).

Pengumuman selanjutnya menginstruksikan penanggulangan listrik mati dan kepada seluruh pegawai agar melakukan evakuasi gempa.

Akibat dari gempa ini telah menimbulkan kerusakan dan kebakaran hebat di Gedung Proses Radiasi serta kerusakan dan kebakaran kecil yang terjadi di Gedung di lingkungan PAIR lainnya. 

Kejadian tersebut adalah skenario yang dilakukan oleh Pusat Aplikasi Isotp dan Radiasi dalam rangka Simulasi Evakuasi Bencana di Kawasan Nuklir Pasar Jumat sebagai rangkaian latihan untuk Simulasi Hari Kesiapsiagaan Nasional 2018.

Simulasi ini dimaksudkan untuk melatih kesiapsiagaan para pegawai di lingkungan PAIR dalam penanggulangan Evakuasi Bencana, sehingga dapat diketahui kesiapan dalam penguasaan dan kemahiran personel melaksanakan evakuasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Latihan ini ditutup dengan pengumuman dari Kepala PAIR bahwa ancaman Tsunami telah berakhir dan pegawai PAIR agar melakukan pemulihan keadaan dan bekerja kembali seperti sediakala serta mengadakan evalusi simulasi Evakuasi Bencana. (anari)