HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...


(Jakarta, 09/08/2018), Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)-BATAN menyelenggarakan Seminar Aplikasi Isotop dan Radiasi (APISORA ) dan Pameran dengan tema “Isotop dan Radiasi Mendukung Kemandirian Bangsa”, pada tanggal 9 Agustus 2018 bertempat di PAIR, Jakarta.

Seminar diikuti oleh 214 peserta yang berasal dari Puslit Bioteknologi LIPI, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Balai Penelitian Tanaman Hias, Puslit Kimia LIPI, Rumah Sakit St. Carolus Salemba, PT Inti Kiat Alam, BBRP2BKP-KKP, B2TKS LIPI, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran, Universitas Pancasila, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Islam Sumatera Utara, Universitas Sebelas Maret, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Bakri, Universitas Andalas, Stikes Binawan, Universitas Juanda, Universitas Panca Marga Probolinggo, Universitas Al-Azhar, Universitas Nasional, Universitas Bakri, PAIR-BATAN, PTKMR-BATAN, PPIKSN-BATAN, PKSEN-BATAN, BHHK-BATAN, PRFN-BATAN, PTLR-BATAN, PRSG-BATAN, PTBBN-BATAN, PSTNT-BATAN, PTRR-BATAN, PSTBM-BATAN, STTN-BATAN, dengan rincian sebanyak 61 pemakalah, dan 153 peserta pendengar.

Seminar ini dibuka oleh Deputi Kepala BATAN Bidang Sains Aplikasi Teknologi Nuklir (SATN), Prof. Dr. Efrizon Umar, MT, menyampaikan bahwa seminar ini sebagai ajang transfer ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan untuk kedepannya seminar ini bisa dilaksanakan oleh satu kedeputian SATN sedangkan pelaksanaannya dijadwal secara bergantian. 

Totti Tjiptosumirat (Kepala PAIR) dalam sambutan mengharapkan bahwa seminar ini menjadi sarana bagi para peneliti mengembangkan pengetahuan dan karirnya di bidang masing-masing. Makalah-makalah hasil  seminar APISORA 2018 akan diterbitkan dalam Prosiding APISORA 2018 dan Jurnal Ilmiah Aplikasi Isotop dan Radiasi yang sudah terakreditasi Kemenristekdikti.  Diharapkan publikasi tersebut dapat menjadi ajang yang tepat bagi para peneliti memberikan kontribusi hasil litbang, sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat.  Diakhir sambutannya Totti menyampaikan terima kasih kepada para sponsor yang mendukung seminar ini.

Seminar ini menghadirkan pembicara antara lain Kepala BATAN,  Prof. Dr. Djarot S. Wisnubroto; International Atomic Energy Agency, Mr. TB. Joseph; Universitas Mataram, Prof. Ir. Suwardji, M.App.Sc.; PT Bio Farma, Dr. drh. Maharani, M.Si; Ketua STTN, Edy Giri Rachman Putra, Ph.D, Ph,D; dan Peneliti PAIR-BATAN, Prof. Dr. Soeranto Human dan Dr. Darmawan Darwis, Apt. Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada peserta poster dan penanya terbaik. (asih, herman)