HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 19 /09/2018),   Pusat  Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), menyelenggarakan Sosialisasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, yang dihadiri oleh 70 pegawai di lingkungan PAIR. Sosialisasi diselenggarakan di Gedung Pertemuan PAIR, pada hari Rabu (19/9)

Dengan moto mencegah lebih baik daripada mengobati, maka Yulizon Menry selaku Kepala Bidang Keselamatan Kerja dan Kesehatan dalam sambutannya berharap agar acara sosialisasi ini dapat bermanfaat, sehingga pegawai PAIR dapat menjaga kesehatan dan dapat hidup lebih baik serta bekerja lebih produktif.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara ini, Irawan Sugoro mewakili Kepala PAIR menyampaikan bahwa ada 3 (tiga) kunci dalam sosialisasi ini yaitu Kesehatan, Keselamatan, dan Kerja.  Kalau dikaitkan maka yang utama dan terpenting adalah sehat. Dengan sehat kita dapat bekerja dengan maksimal. Saat kita bekerja dengan kondisi sehat maka keselamatan dapat terjamin. Irawan juga mengutip kata dari kepala BATAN dimana “kita harus bangga dengan pekerjaannya dan selalu menjaga kesehatan”. Dengan kondisi PAIR yang setiap tahun terjadi pengurangan pegawai karena menjalankan purnabakti, maka tugas pegawai semakin berat. Untuk itu pola hidup sehat perlu diperhatikan.

Mengawali acara presentasi, Cici Puspita Sari (narasumber) dari Yayasan Pemerhati Kanker Indonesia (YPKI) memberikan informasi dan penyuluhan terkait kanker dan tumor. Hal ini sesuai dengan tugas dari YPKI yaitu : memberikan informasi kepada masyarakat sedini mungkin secara langsung tentang pengertian dan pengenalan gejala kanker serta cara pola hidup yang sehat dan hemat untuk menghindari kanker.

Selain menjaga pola makan yang sehat, perlu juga melakukan olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Oleh karena itu di sela-sela presentasi, peserta diajak melakukan peregangan otot untuk mengurangi rasa lelah dalam bekerja. Senam peregangan ini mengacu pada Kementerian Kesehatan RI. Diharapkan dapat diterapkan oleh Pegawai PAIR setiap jam 10 pagi.

Presentasi selanjutnya disampaikan oleh dr. Iwan Susanto (narasumber) dari Laboratorium Klinik Rontgen Permata Indah yang menyampaikan tentang hasil Medical Check Up (MCU) pegawai PAIR yang dilakukan pada bulan Juli 2018. Dalam penjelasannya, dr. Iwan memberikan gambaran tentang status kesehatan pegawai PAIR.  Hal ini memancing banyak pertanyaan dari peserta mengenai keluhan yang dialami.