Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 7 Januari 2019), Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR) – Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN),  menggelar Sosialisasi tentang Kegiatan PAIR tahun 2019, Penyampaian SOP Pembayaran Belanja Barang dan Belanja Modal serta Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), di Gedung Pertemuan PAIR, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Senin (7/1). Sebanyak 48 orang pegawai PAIR yang tediri dari para Eselon III dan IV di lingkungan PAIR dan Penanggungjawab Sub output dan para peneliti Senior mengikuti sosialisasi tersebut.  

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) 2019, SOP Belanja Barang dan Belanja Modal serta SKP. Kepala PAIR, Totti Tjiptosumirat dalam sambutan pembukaannya mengatakan, BATAN akan segera mengeluarkan RENSTRA 2020 – 2024. Oleh karena itu program Kedeputian dan Unit Kerja/Biro harus sinergi dan sealur dengan visi dan misi BATAN.  Pada tahun 2019, kegiatan yang dilakukan sifatnya finalisasi kegiatan RENSTRA Periode  2015 – 2019 dan segera membuat rencana kegiatan untuk RENSTRA 2020 – 2024.

Tahun 2019 ini diharapkan pelaporan sesuai dengan perencanaan, dimana operasional dan pelaksanaan dapat dilaksanakan dan ditelusuri dengan baik. Untuk Operasional Perjalanan telah dilakukan dengan baik dan dikelola oleh Bidang dan TU Bidang. Dalam pelaksanaan Belanja Barang, anggaran yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan sesuai yang diharapkan.  Pembelian alat yang cukup mahal harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Alat tersebut tidak hanya bermanfaat untuk 1 penelitian/bidang namun dapat dimanfaatkan oleh penelitian lain/bidang lain.

Acara ini menampilkan 3 presenter, yaitu :

  1. Pejabat Pembuat Komitmen (Wijaya Murti Indriatama, M.Si) yang menyampaikan tentang POK tahun 2019,
  2. Kepala Unit Jaminan Mutu (Nana Supriatna, ST) yang menyampaikan tentang alur /proses Pembayaran Belanja Barang dan Belanja Modal  melalui SOP Pembayaran Belanja Barang dan Belanja Modal, supaya mekanisme saling uji dalam kesetaraan generik yang diberlakukan kepada Unit Kerja yang ada di BATAN dapat berjalan baik dan lancar. PAIR sendiri di awal tahun 2018 telah melaksanakannya. Akan tetapi penerapannya belum dilakukan secara penuh sesuai SOP tersebut.  Apabila antara Penanggung jawab Kegiatan, PPK dan Ka. Subbag. Keuangan telah melaksanakan sesuai dengan SOP, maka tidak akan ada keterlambatan pembayaran dan dapat dengan mudah ditelusuri sebab keterlambatan pembayaran tersebut.
  3. Kepala Bagian Tata Usaha (Suhirman, S.Si.) menyampaikan tentang proses/alur pembuatan SKP.

Acara ditutup dengan diskusi, dan diharapkan awal tahun 2019 dengan semangat baru dapat mendukung tercapainya kinerja PAIR 2019. (anari)