Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 14/01/2019),  Pusat  Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menerima kunjungan dua peneliti dari Chinese Agricultural Academy of Science (CAAS), Beijing, China yakni Xiaoming ZHENG dan Weihua QIAO di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan, Kamis (10/01). Kunjungan tesebut diterima oleh Peneliti Senior PAIR, Soeranto Human sekaligus bertindak selaku Koordinator Collaborating Centre for Plant Mutation Breeding  dan Kepala Kelompok Pemuliaan Tanaman, Azri Kusumadewi. 

Dihadapan para peneliti Kelompok Pemuliaan Tanaman PAIR, ZHENG menyampaikan maksud kedatangannya ke BATAN yakni melakukan penjajakan kerjasama bilateral antara Indonesia dan China di bidang pemuliaan tanaman. Kerjasama yang meliputi kerjasama penelitian (research collaboration) dalam pemuliaan mutasi tanaman pangan, peningkatan capacity building dalam pemuliaan mutasi tanaman melalui training and scientist exchange bagi peneliti muda kedua Negara, pertukaran plasma nutfah mutan (mutant germplasm exchange) bagi kedua negara untuk memperkaya pant diversity (keragaman tanaman) kedua Negara, dan mengadakan pertemuan bersama (rencana akan diadakan di Beijing) untuk menyusun draft dokumen kerjasama resmi (official document).

Pada kesempatan yang sama peneliti senior BATAN lainnya, Sobrizal menyampaikan program pemuliaan tanaman padi BATAN yang telah menghasilkan 23 varietas unggul, melalui pemuliaan mutasi dan persilangan antar sub spesies (indika x japonika). Selain itu, dijelaskan juga bahwa PAIR-BATAN telah bekerjasama dengan beberapa Pemerintah Daerah (PEMDA) untuk memperbaiki keunggulan varietas padi lokal. (anari)