Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 20 /12/2018), Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)-Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), menggelar Diklat selingkung dengan tema "Pemantapan Pengolahan dan Penyajian Data dengan Menggunakan Geographic Information System" yang berlangsung dari tanggal 21 Januari sampai dengan 25 Januari 2019 bertempat di Ruang Pertemuan Bidang Industri dan Lingkungan, dan diikuti oleh 25 pegawai dari lingkungan Bidang Industri dan Lingkungan PAIR.

Kepala PAIR, Totti Tjiptosumirat menyampaikan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pengolahan dan penyajian data yang lebih komprehensif dengan menggunakan GIS.  GIS adalah suatu sistem informasi berbasis geografis yang sekaligus dapat memuat informasi tambahan lain yang berkaitan dengan penelitian.

Dalam sambutannya Totti menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menandai adanya kerjasama di bidang Industri dan Lingkungan. Selain itu juga dapat mengisi kebutuhan dan pengembangan kompetensi ASN sesuai dengan aturan yang ada yaitu mencukupi kebutuhan diklat ASN 20 jam/tahun. Totti mengharapkan kegiatan ini dapat lebih diorganisir dan dikembangkan untuk cakupan yang lebih luas  menjadi kegiatan Unit Kerja bahkan dapat ditingkatkan ke Kawasan Nuklir Pasar Jumat, sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih luas.

Sebagai Ketua Pengarah dan peneliti senior di Bidang Industri dan Lingkungan PAIR, Paston Sidauruk dalam sambutannya  mengharapkan pelatihan ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat untuk para peserta dalam pemantapan pengolahan data berbasis kaidah statistik.

Diklat yang digelar selama 4 hari ini memberikan materi berupa pelajaran Metodologi Penelitian, Penulisan Angka Berarti, Statistik, GIS dan diakhiri dengan Praktikum. (anari)