HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Serpong, 21/02/2019), Iradiator Gamma Merah Putih kedatangan tamu Departement of Agriculture and Water Resources (DAWR) Australia Mr. Douglas Kerruish dan Mr. Ives Henon. Kunjungan mereka didampingi oleh beberapa perwakilan dari Kementerian Pertanian,  Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati (KTHN), Balai Uji Terap Teknik dan Metode Karantina Pertanian (BUTTMKP), Direktorat Jenderal Hortikultura), dan PT. Alamanda Sejati Utama.

Kedatangan dua expert ini merupakan salah satu rangkaian persiapan ekspor buah tropical hasil panen Indonesia ke Australia dengan metode iradiasi yang sedang dipersiapkan oleh Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional.  Mereka datang untuk melihat langsung bagaimana proses persiapan mangga sejak panen hingga nantinya di ekspor ke Australia.

Menurut Keruissh, Indonesia siap untuk mengirim buah hasil iradiasi ke Australia namun masih perlu beberapa persiapan lagi antara lain membenahi tempat penyimpanan dan mengatur kembali beberapa prosedur internal.

Sebelumnya Australia telah menerima mangga hasil radiasi yang diekspor oleh Indonesia pada tahun 2018, buah tropical hasil iradiasi tersebut dipersiapkan oleh Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Batan untuk membuka celah ekspor buah tropikal Indonesia ke Australia. Menurut Ade dari Kementerian Pertanian jika Indonesia berhasil mengekspor buah tropikal hasil iradiasi ke Australia maka kesempatan Indonesia untuk mengekspor buah ke mancanegara makin besar. (SET)