HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 24 Juni 2019), Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi-Badan Tenaga Nuklir Nasional (PAIR-BATAN) menyelenggarakan Diklat Selingkung Pengelolaan Arisp Dinamis di PAIR kepada 25 orang pegawai PAIR yang terlibat dalam mengelola surat, seperti : TU Bidang di lingkungan PAIR dan tenaga administrasi PAIR. Diklat selingkung ini diadakan selama 5 hari sejak tanggal 24  sampai dengan 26 Juni 2019 dan dilanjutkan praktikum tanggal 4 sampai dengan 5 Juli 2019 dengan 3 narasumber pejabat fungsional Arsiparis PAIR, yaitu : Hikmah, Ety Suryati dan Nurhadi.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Kepala PAIR, Totti Tjiptosumirat memberikan apresiasi kepada pejabat fungsional Arsiparis yang mau berbagi ilmu tentang arsip kepada rekan-rekannya. Diklat ini juga merupakan ajang sharing tentang makna dari suatu arsip, sehingga diharapkan tercipta diskusi. Totti juga menyampaikan bahwa arsip merupakan hal yang sangat penting. Karena keberadaan arsip sebagai aset organisasi diperlukan sebagai bukti untuk mempertahankan hak dan kewenangan terhadap sesuatu miliknya yang sangat berharga. Proses arsip itu cukup panjang mulai dari menciptakan arsip, mendistribusikan, penggunaan arsip, penyimpanan arsip sampai pada pemusnahan. Oleh karena itu Totti mengatakan bahwa untuk melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik dan benar, maka diklat selingkung ini sangat baik.

Bambang Sutarto (Kepala Subbag. PKDI) menyampaikan bahwa adanya diklat selingkung ini adalah untuk pengembangan kompetensi PNS memenuhi kebutuhan diklat 20 jam/tahun seperti tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Mengawali diklat ini narasumber memberikan Pre Test tentang seberapa jauh pengetahuan yang telah dimiliki para peserta, dilanjutkan dengan presentasi Dasar-Dasar Kearsipan yang disampaikan oleh Nurhadi. Presentasi ini membahas mengenai pengertian, asas, jenis, fungsi, bentuk dan silabus arsip. Dilanjutkan dengan presentasi mengenai Tata Naskah BATAN yang disampaikan oleh Hikmah.

Hari ke-2 dan hari ke-3, peserta akan mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan arsip dan di hari ke-4 dan ke-5 akan dilakukan proktikum dan diakhiri dengan Post test. (anari)