Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 09/09/2019). Bupati Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, Kristomus Yohanes Argamewu, didampingi Kepala Dinas Pertanian, Vincentius Jamlean dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Antonius Letsoin  melakukan kunjungan kerja ke Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)-Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Kunjungan diterima Kepala PAIR-BATAN, Totti Tjiptosumirat dan didampingi oleh para Peneliti Kelompok Pemuliaan Tanaman, Bidang Pertanian. Kunjungan ini dimaksudkan untuk permintaan dukungan PAIR-BATAN dalam rangka peningkatan dan pengembangan pertanian di Kabupaten Mappi.

Bupati Mappi, Kristomus Yohanes menyampaikan Kabupaten Mappi memiliki tanah daratan yang sangat baik dimanfaatkan untuk pengembangan lahan pertanian. Potensi yang dimiliki adalah alam dan tenaga kerja. Beliau berharap potensi tersebut bisa memberikan nilai tambah kepada masyarakat Mappi yang rata-rata tidak berpendidikan sekolah dan ini bisa terlaksana bila ada dukungan dan pendampingan dari PAIR-BATAN. Dukungan dan pendampingan bisa berupa benih, pengembangan teknologi pertanian, peralatan dan pendampingan terhadap aparatur terkait pengembangan lahan pertanian. Dengan demikian masyarakat Mappi yang rata-rata tidak berpendidikan bisa berkembang melalui pengembangan lahan pertanian, yang bisa menggerakan ekonomi masyarakat lokal dan bisa menjadi percontohan oleh Kabupaten lainnnya yang ada di Provinsi Papua. Pemerintah daerah memiliki lahan seluas 16 HA yang siap untuk pembibitan.

Sementara itu, Kepala PAIR, Totti Tjiptosumirat, menyambut baik kunjungan Bupati Kabupaten Mappi, Provinsi Papua dan menyampaikan bahwa program hilirisasi PAIR-BATAN merupakan angin segar dan tantangan untuk berkiprah di Indonesia Bagian Timur. Dijelaskan pula bahwa PAIR telah berkontribusi dalam program penyediaan benih kedelai nasional yang dikoordinasi oleh Kementerian Pertanian. Kegiatan ini bisa dalam bentuk joint riset, kerjasama.Selain itu dijelaskan pula tentang keberhasilan PAIR melaksanakan kegiatan Nawa Cita Presiden Joko Widodo tentang Agro Techno Park (ATP) di Kabupaten Polewali Mandar, Povinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Palembang, dan Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah dan National Science Tehno Park (NSTP) di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, serta terbuka kemungkinan Kabupaten Mappi bisa dijadikan kawasan ATP.

 

Acara ini diakhiri pemberian benih kedelai, sorgum, padi dan kacang hijau serta kunjungan ke laboratorium National Science Techno Park. (irw)