Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 18/10/2019),  Pusat  Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)- Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) menerima kunjungan 2 orang pegawai (Arif Irawan dan Hanif Nurul Hidayah) dari Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Manado (BP2LHK) dalam rangka mendukung Pelaksanaan Riset Unggulan Lembaga berupa Peningkatan komunikasi dan koordinasi penguatan fokus BP2LHK Manado, Jumat (18/10. Kunjungan tesebut diterima Kepala Bidang Pertanian, Irawan Sugoro, bertempat di ruang kerja Kepala Bidang Pertanian-PAIR. 

Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk konsultasi, koordinasi dan sinergi dengan Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi. Selain itu kunjungannya dimaksudkan untuk menjajaki kerja sama perbaikan varietas tanaman kayu cempaka, dimana tanaman tersebut adalah khas Sulawesi utara/Menado. Pohon yang diambil adalah kayu sebagai bahan bangunan dan bunga sebagai bahan minyak atsiri. Tanaman tersebut rata-rata berumur panjang dan pohonnya tinggi-tinggi.   

Dalam sambutan, Irawan menyatakan bahwa terbuka peluang untuk kerjasama terutama di bidang pemuliaan mutasi dan pemupukan. Melalui proses mutasi dengan radiasi yang dikombinasikan dengan kultur jaringan dan biomolekular diharapkan akan menghasilkan tanaman cempaka yang unggul, sedangkan dengan pemanfaatan isotop diharapkan diperoleh formula pemupukan sehingga produk diperoleh maksimal.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke fasilitas NSTP dan iradiator. (anari)