Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 30/10/2019) Kepala Badan Tenaga Nuklir (BATAN), Anhar Riza Antariksawan memastikan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar tetap berlanjut meskipun tahun 2019 ini merupakan tahun terakhir kerja sama terkait Agro Techno Park (ATP). Hal ini disampaikan Anhar usai melakukan kunjungan kerja ke ATP di Desa Nepo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Senin (29/10).

Menurutnya, kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat perkembangan pengelolaan ATP di Polewali Mandar. "Untuk melihat perkembangan ATP Polman, berkomunikasi dengan stakeholders ATP Polman skaligus membahas kelanjutan kerja sama antara BATAN dan Pemkab Polman," ujar Anhar.

Kedepannya, kerja sama ini tidak hanya terkait dengan pengelolaan ATP saja, tapi dimungkinkan untuk bidang yang lain, misalnya kedokteran dan energi. Saat ini yang dikembangkan di ATP Polewali Mandar hanya di bidang pertanian dan peternakan.

Ia menegaskan bahwa perkembangan ATP Polewali Mandar sangat baik. "ATP Polewali Mandar sangat baik karena stakeholdernya lengkap, dari akademik, bisnis, dan pemerintah, serta komunitas ikut terlibat dalam pengelolaan ATP," tegasnya.

Anhar berharap, kegiatan ATP ini berkelanjutan yang didukung oleh semua stakeholders, khususnya pemerintah daerah. Selain itu ATP diharapkan semakin berkembang menjadi inkubator untuk menciptakan pengusaha pemula berbasis teknologi di masyarakat, khususnya teknologi nuklir.

Hal senada disampaikan Kepala Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR), Totti Tjiptosumirat, pada periode Renstra 2020-2024, BATAN tetap memberikan dukungan kepada ATP Polewali Mandar. "BATAN terus mendukung ATP Polewali Mandar, khususnya sebagai tempat hilirisasi hasil pemanfaatan teknologi nuklir. Selain itu, dukungan dalam hal ketengaahlian juga tetap akan disediakan dengan mekanisme tersendiri," kata Totti.

Menurut Totti, yang menjadi tantangan kedepan dalam mengelola ATP ini adalah mempertahankan dan mengembangkan aktivitas ATP dengan tujuan akhir yakni ATP mampu sebagai pengungkit ekonomi daerah. Untuk itulah diperlukan kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan dan memanfaatkan hasil teknologi untuk kesejahteraan masyarakat.

Bagi BATAN, keberadaan ATP yang dikelola BATAN yakni ATP di Kabupaten Polewali Mandar, Musi Rawas, dan Klaten dapat dijadikan sebagai wadah hilirisasi hasil litbang teknologi nuklir. Diharapkan ketiga ATP ini dapat dijadikan contoh oleh daerah lain di Indonesia untuk mendirikan ATP dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Pur)