Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Bandung, 02 Desember 2019), Peneliti Kelompok Entomologi PAIR memberikan sosialisasi aplikasi TSM untuk mengendalikan populasi nyamuk vektor DBD di Kota Bandung, Jawa Barat. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 2 Desember 2019, bertempat di ruang Platina, Gedung A Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) Bandung. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi, sharing knowledge dan diskusi tentang potensi energi nuklir dalam TSM untuk mengendalikan populasi nyamuk vektor demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kota Bandung. Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Bandung, Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Kota Bandung, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BKBP) Pemerintah Kota Bandung, Kelurahan Lebak Siliwangi Bandung, Camat Coblong Bandung, PAIR-BATAN, PSTNT-BATAN dan delegasi National Chung Hsing University, Taiwan.

Acara sosialisasi dibuka oleh Mujiono, sebagai Plh. Kepala PAIR. Dalam sambutannya, Mujiono mengapresiasi kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan kerja sama dalam upaya penggunaan aplikasi isotop dan radiasi untuk kesejahteraan masyarakat, khususnya bidang kesehatan.

Narasumber dalam kegiatan ini terdiri dari 2 orang, yaitu Hadian Iman Sasmita sebagai peneliti PAIR BATAN dan Prof. Intan Ahmad, Ph.D dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung (SITH-ITB). Kedua narasumber memberikan materi tentang garis besar dan implementasi TSM sebagai teknik yang sangat potensial untuk mengendalikan dan mengurangi kasus DBD. Setelah paparan dari narasumber dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Aplikasi TSM mendapatkan respons positif dari dinas terkait di Pemerintah Kota Bandung dan berharap koordinasi dan kerja sama semakin ditingkatkan untuk mengimplementasikan TSM pada program pengendalian DBD di Kota Bandung. Kegiatan sosialisasi ditutup oleh Plh Kepala PSTNT dr. Rudi Gunawan, Sp. KN. (Ben)