HUTRI75
hani2020

International Day Against Drug

26 June 2020

Slide1
Slide2
Slide3
Slide4
Slide5
Slide6
Slide7

Keberhasilan BATAN dalam membuat pakan suplemen untuk ternak UMMB sangat menguntungkan peternak dan Pelet Stimulan Pakan Ikan (SPI) mempercepat masa panen

Slide8

Pengawetan bidang pangan mampu tidak menanggulangi kerusakan bahan pangan akibat pengaruh cuaca, serangan serangga, hingga rusak oleh mikroba."

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Collaborating Centre – Sebuah Pengakuan IAEA

Penetapan BATAN sebagai IAEA Collaborating Centre didasar pada dua hal yaitu (1) capaian signifikan oleh BATAN dalam bidang

Selengkapnya...

(Jakarta, 16 Desember 2019), Dalam rangka meningkatkan mutu layanan, Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi mengadakan temu pelanggan di Gedung Pertemuan Utama PAIR, Senin (16/12). Sebanyak 100 orang hadir dalam acara tersebut yang terdiri dari 50 orang peserta dari 35 perusahaan yang menggunakan jasa layanan PAIR serta pegawai BATAN. Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Efrizon Umar selaku Deputi Bidang SATN mengatakan bahwa acara ini sangat dibutuhkan oleh PAIR untuk menguji seberapa jauh  pelayanan PAIR dan sebagai pertimbangan dalam meningkatkan pelayanan PAIR kedepannya.

“PAIR adalah lembaga litbang dan sebenarnya telah berada di hilir, “kata Efrizon. Oleh karena itu tuntutan pemerintah adalah seberapa yang telah diberikan harus dirasakan oleh masyarakat.

“Apabila PAIR sudah dapat memberikan pelayanan prima, maka perlu meningkatkan pelayanan menjadi ultima,” kata Efrizon. Pelayanan ultima adalah penyedia jasa layanan harus mampu melakukan jemput bola kepada para pelanggannya.

Layanan tidak akan dapat maksimal tanpa adanya komunikasi dan umpan balik antara pemberi jasa dan pengguna.  Karena itu Efrizon mengharapkan agar acara ini dapat dimanfaatkan para peserta pengguna jasa PAIR yang hadir untuk dapat menyampaikan masalah-masalah yang dihadapi baik berupa keluhan maupun masukan.

Dengan moderator Irawan Sugoro (Kepala Bidang Pertanian), Roziq Himawan (Kepala Bidang Industri dan Lingkungan PAIR) mendapat tugas untuk memaparkan tentang pemahaman radiasi dan capaian hasil litbang PAIR khususnya dan BATAN pada umumnya. Dengan judul Nuklir untuk Kesejahteraan, Roziq menyampaikan bahwa “nuklir” merupakan salah satu tool yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang (pemuliaan tanaman,  pemupukan, nutrisi tanaman, bioremediasi, pengendalian hama tanaman dan karantina, pasca panen, peternakan, pangan, kesehatan, industri dan lingkungan) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

BATAN dalam hal ini berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi kepada masyarakat sebagai Technology Provider yaitu upaya utnuk menghasilan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dari bebagai sektor, Technical Support Organization yaitu BATAN senantiasa berupaya meningkatkan peran dalam penerapan teknologi nuklir dan Clearing House of Nuclear Technology yaitu melakukan kajian dan pemberian rekomendasi terhadap produksi dan teknologi nuklir, pemberian sertifikasi personel, produk, proses dan sistem manajemen serta penyediaan data/informasi keahlian, produk dan teknologi nuklir.

Dalam kesempatan ini PAIR juga mensosialisasikan Peraturan Pemerintah (PP) terbaru Nomor 8 tahun 2019 terkait penyesuaian tarif atas jenis layanan Pemasukan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang disampaikan oleh Ani Syamsi dari Biro Perencanaan. PP Nomor 8 tahun 2019 ini ditandatangani Presdien tanggal 22 Februari 2019 dan diundangkan tanggal 26 Februari 2019 dan masa berlakunya mulai tanggal 28 Maret 2019. Apabila pekerjaan disetujui sebelum tanggal 28 Maret 2019, maka berlaku tarif lama.

Acara dilanjutkan dengan diskusi berupa keluhan dan masukan dari peserta dan ditutup dengan ramah tamah. (anari)