korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

HUT-PSTNT

Kawasan Nuklir Bandung diresmikan pada 20 Februari 1965 yang menempati area seluas 3 ha dan merupakan tempat dibangunnya reaktor pertama di Indonesia

Berprestasi-utk-negri
Petugas-Reaktor
Slide item 13
Slide item 14

Presiden Soekarno Meresmikan Reaktor Nuklir Pertama di Indonesia Tahun 1965.

(Jakarta, 24/06/2020) Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di suatu negara, selain membawa dampak positif juga menimbulkan permasalahan, khususnya di bidang lingkungan, yakni pencemaran udara akibat berbagai kegiatan di berbagai sektor baik industri maupun transportasi. Teknologi nuklir menjadi salah satu bagian dalam pengentasan pemasalahan polusi udara dalam rangka meningkatkan kualitas udara di Indonesia.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Herman Hermawan mengatakan peningkatan polusi udara di beberapa kota di Indonesia disebabkan karena meningkatnya kegiatan masyarakat. “Meningkatnya alat transportasi di Indonesia dan banyaknya kasus kebakaran hutan di beberapa daerah di Indonesia menjadi salah satu penyebab meningkatnya polusi udara,” kata Herman pada Webinar yang bertajuk Kualitas Udara di Indonesia Sebagai Early Warning Terjadinya Pencemaran Udara, Selasa (23/06).

Bandung (17/06/2020), Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT), melakukan pengiriman bahan bakar nuklir Uranium Zirkonium Hydride (UZrh) yang merupakan instrumented fuel element ke Pusat Sains dan Teknologi Akselerator (PSTA) Yogyakarta.

Perjalanan ini dilaksanakan pada Rabu 17 April dan direncakanan akan kembali ke Bandung pada 19 April, jumat. Pengangkutan ke Yogyakarta ini diikuti oleh 10 orang yang terdiri dari Unit Pengamanan Nuklir, Petugas Proteksi Radiasi, Operator Reaktor dan personel dari GEGANA BRIMOB Polda Jawa Barat. Seluruh prosedur termasuk perizinan BAPETEN, izin pengangkutan bahan nuklir dari BAPETEN, prosedur pengamanan, persuratan dokumen safeguard dan surat kesehatan bagi personil.

(Bandung, 17/04/2020) Kenyataan yang tidak dapat dielakkan, adalah perkembangan virus Corona jauh lebih cepat daripada kesiapan rumah sakit-rumah sakit dan fasilitas untuk menanganinya. Bahkan saat ini,  tenaga medis dan pasien di Kota Bandung mengalami kekurangan dalam penyediaan Alat Pelindung Diri (APD).  Oleh karena itu sejumlah rumah sakit di Bandung sangat mengharapkan donasi dari masyarakat dalam penyediaan APD ini, seperti cover all suit, hand sanitizer, masker bedah, masker n95, sarung tangan steril, sepatu boot, alkohol 70%, shoe cover, dan apron.

Sebagai bentuk kepedulian, Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kawasan Nuklir Bandung menggelar suatu gerakan “Sisihkan Rp 100.000,- dari Gajimu Bulan Depan untuk Penanganan Covid-19” yang viral di lingkungan instansi pemerintah dengan cara membuka donasi yang dimulai pada tanggal 30 Maret sampai dengan tanggal 5 April 2020. Gerakan ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 16.697.000 rupiah dan telah disalurkan melalui Rekening Khusus Bantuan Covid-19 Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin (RSHS).

"Dana yang sudah terkumpul ini telah kami salurkan melalui Rekening Khusus Bantuan Covid-19 RSHS pada Rabu 8 April 2020. Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang sudah diberikan. Semoga amal baik Bapak/Ibu sekalian mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT", jelas Alan Maulana, Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kawasan Nuklir Bandung.


(Jakarta, 03/04/2020) Ditengah banyaknya stigma negatif masyarakat terhadap nuklir, perkembangan pemanfaatan iptek nuklir terus berkembang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Di Indonesia, peran Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam pemanfaatan iptek nuklir untuk kesejahtaraan masyarakat ini diwujudkan dengan menghasilkan berbagai senyawa bertanda yang bermanfaat di dunia kesehatan.

Senyawa bertanda atau sering disebut dengan labeled compound ini menurut peneliti Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT), BATAN, Isti Daruwati dapat berupa senyawa kimia atau bahan obat yang diberi unsur radioaktif. "Senyawa ini  kemudian direaksikan dengan suatu unsur radioaktif, sehingga senyawa yang semula tidak radioaktif menjadi senyawa yang mengandung unsur radioaktif," ujar Isti.

(Jakarta, 30/03/2020) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melalui Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan (PSTNT) memiliki fasilitas laboratorium hewan uji radioaktif. Laboratorium ini menjadi satu-satunya di Indonesia yang digunakan untuk penelitian dan pengembangan senyawa bertanda dengan menggunakan hewan percobaan.

Kepala PSTNT, Jupiter Sitorus Pane mengatakan, laboratorium hewan ini sudah ada sejak 1979, namun belum dilengkapi dengan fasilitas pengujian yang sesuai dengan standar, sehingga pemanfaatannya belum maksimal. Pada awalnya laboratorium ini hanya digunakan untuk melakukan kontrol terhadap produk radioisotop dan senyawa bertanda yang dihasilkan reaktor TRIGA 2000 dengan tujuan untuk mengetahui karakteristik radioisotop dan senyawa bertanda melalui hewan percobaan dan beberapa uji praklinis sederhana.

Sejak tahun 2019 dilakukan perbaikan tahap awal berbagai fasilitas laboratorium dan pada bulan Februari 2020 selesai dan siap dimanfaatkan. “Pada perkembangannya, laboratorium ini digunakan untuk uji pra-klinis terhadap penelitian senyawa bertanda untuk diagnosis dan terapi kanker dan penyakit infeksi lainnya,” ujar Jupiter.