Slide item 12
korupsi

Korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang menjadi penghambat utama tercapainya tujuan pembangunan Nasional. Upaya untuk mensinergikan kegiatan pencegahan korupsi, pelaksanaan reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka PSTNT menetapkan kebijakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan mambangun Wilayah Bebas dari Korupsi

reaktor kartini menuju era kemandirian

REAKTOR NUKLIR BANDUNG
Menuju era kemandirian  teknologi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat"

Peresmian

Pada tanggal 24 Juni 2000 Megawati Soekarno Putri meresmikan pengoperasikan "Reaktor TRIGA 2000" di Kawasan nuklir Bandung

analisis

Peran Teknis Analisis Nuklir dalam pemantauan kualitas udara di Indonesia

Litbang

Litbang sediaan radioisotop pemancar sinar beta untuk diaplikasikan di bidang kesehatan sebagai prekursor dalam pembuatan radiofarmaka

srikandi

Setelah 52 tahun, ternyata ada wanita-wanita muda yang berprofesi sebagai operator Reaktor Nuklir di Reaktor TRIGA 2000. Mereka lah para penerus cita2 Kartini... Selamat Hari Kartini, 21 April 2017.

(Bandung, 29/09/2021) Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengatakan bahwa BRIN akan memfasilitasi kegiatan para perisetnya. Hal ini disampaikan Kepala BRIN pada kunjungan kerjanya di Kawasan Nuklir Bandung, Jl. Taman Sari Bandung, Rabu (29/09).

Ungkapan Handoko ini sekaligus menjawab kegalauan para peneliti khususnya yang ada di Kawasan Nuklir Bandung atas integrasinya empat Lembaga Pemerintah Non Kementerian ke dalam BRIN. Kegalauan ini menurut Handoko adalah sebuah kewajaran, ditambah lagi dengan adanya rencana beberapa fasilitas serupa seperti reaktor yang rencananya akan dipusatkan di Kawasan Nuklir Serpong.

“Para peneliti yang selama ini bekerja di Kawasan Nuklir Bandung dan memanfaatkan reaktor harus tetap eksis dengan memanfaatkan reaktor yang ada di Puspiptek, bila nantinya reaktor Triga didekomesioning,” kata Handoko.

(Bandung, 14/09/2021) Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam kegiatan penelitiaan dan pengembangan, Pusat Riset dan Teknologi Nuklir Terapan (PRTNT) – Organisasi Riset Tenaga Nuklir (ORTN) – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyelenggarakan workshop "Neutronic Code Utilization for NPP Studies" dengan narasumber Donny Hartanto, seorang asisten professor jurusan Teknik Nuklir, University of Sharjah, Uni Emirat Arab. Workshop ini diselenggarakan pada hari Selasa, 14 September 2021 dan diikuti oleh 14 orang peserta.

(Bandung, 08/09/2021) Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan – Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTNT – BATAN) menyelenggarakan Workshop Pengenalan STAT sebagai perangkat hitung termalhidrolika Reaktor TRIGA. Workshop ini berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 8 – 9 September 2021 dengan narasumber Efrizon Umar. Workshop ini diikuti oleh 34 orang peserta dengan rincian 16 orang peserta dari PSTNT dan 18 orang peserta Pusat Sains dan Teknologi Akselarator (PSTA).

(Bandung, 27/08/2021) Sebanyak 17 orang siswa dan 5 orang pelatih/pendukung siswa Pendidikan Kimia, Biologi, Radioaktif dan Nuklir (KBRN) Korps Pasukan Khas Angkatan Udara – Pusat Pendidikan dan Pelatihan Angkatan II Tahun Ajaran 2021 melakukan kegiatan kunjungan belajar ke Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan – Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTNT – BATAN)

(Bandung, 26/08/2021) Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), Laksamana Muda TNI Prof. Dr. Ivan Yulivan, M. M., M. Tr (Han), didampingi oleh wakil Gubernur STIN, Brigjen Pol Dr. Barito Mulyo Ratmono, SH., S.IK., M. Si, beserta jajaran mengunjungi Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan – Badan Tenaga Nuklir Nasional (PSTNT – BATAN), Kamis (26/08). Kunjungan ini bertujuan memantau kegiatan mahasiswa Magister Terapan Intelijen Medik (MTIM) STIN yang sedang melakukan Praktikum di PSTNT sejak tanggal 23 Agustus hingga 3 September 2021 mendatang sekaligus membahas implementasi kerja sama dengan PSTNT-BATAN.