Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Personal oleh KAN

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Personal oleh KAN.

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Lembaga Sertifikasi Personal oleh KAN
Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN

Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN, April 2018.

Internal Audit PSMN

PSMN sedang melakukan kegiatan audit internal.

Audit Arsiparis

Audit Arsiparis yang dilakukan oleh Internal BATAN

In House Training Sertifikasi Produk ISO 17065, Tahun 2018

diklat Sertifikasi Produk ISO 17065:2012 di PSMN BATAN, Maret 2018

Komtek 67-05 Bidang Pangan Iradiasi

3. Penyelenggaraan Komisi Teknis 67-05 Bidang Pangan Iradiasi

Penetapan Sertifikasi SM Keamanan PSTA BATAN - 8 Juni 2018

Penetapan Sertifikasi SM Keamanan PSTA BATAN - 8 Juni 2018

Demo Alat Computed Radiography di PSMN

Pengenalan produk Computed Radiography (CR) di PSMN

Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN

Kick Off Meeting Sistem Manajemen BATAN

Etiam diam magna; porta sed gravida vel, molestie non lacus. Donec laoreet est vitae enim hendrerit egestas.

Opening Meeting Audit Internal LSP-BATAN
(Tangerang Selatan, 22 September 2020) “Audit internal LSP-BATAN ini kita laksanakan sebagai bentuk komitmen Manajemen dan organisasi dalam menerapkan serta memenuhi persyaratan Sistem Manajemen yang umum berdasarkan SNI ISO 17024:2012 dan sebagai bentuk evaluasi kinerja LSP-BATAN secara mandiri untuk peningkatan kinerja LSP-BATAN secara berkelanjutan” demikian sepenggal uraian sambutan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Standardisasi dan Mutu Nuklir sekaligus Top Manajemen LSP-BATAN  Drs. Budi Santoso, M.Eng pada pembukaan kegiatan Audit Internal LSP-BATAN Tahun 2020 pada tanggal 21 September 2020.

Sebagaimana telah diketahui bahwa BATAN c.q PSMN memiliki Lembaga Sertifikasi Person (LSP) yang berfungsi untuk melakukan sertifikasi kompetensi personil dengan lingkup kompetensi bidang iptek nuklir yang mencakup kompetensi Radiografi Level 1 (OR) dan Level 2 (AR) serta lingkup kompetensi bidang Aplikasi Teknologi Nuklir. Sejalan dengan perkembangannya LSP-BATAN ini telah terakreditasi sesuai SNI ISO 17024:2012 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada Tahun 2017 dengan nomor identitas LSP-010-IDN sehingga dengan status terakreditasinya ini semakin menunjukkan bahwa LSP-BATAN adalah suatu lembaga sertifikasi person yang profesional dan terpercaya untuk melakukan penilaian kompetensi personil sesuai lingkupnya. Berkaitan dengan hal tersebut maka LSP-BATAN harus mampu memelihara dan meningkatkan kinerja teknis maupun kinerja sistem manajemen yang bermutu sesuai SNI ISO 17024:2012.

Dalam upaya memelihara dan meningkatkan kinerja teknis maupun kinerja sistem manajemen yang bermutu maka secara rutin setiap satu tahun sekali LSP-BATAN melaksanakan Audit Internal, sebagaimana telah disampaikan bahwa di Tahun 2020 ini LSP-BATAN melaksanakan Audit Internal selama 2 (dua) hari pada tanggal 21-22 September 2020, yang diawali dengan opening meeting tanggal 21 September 2020.

Audit Internal LSP-BATAN tahun 2020 ini dilakukan oleh Tim Audit yang diketuai oleh Ir. Widjanarko yang beranggotakan 5 (Lima) Personil Auditor yang kompeten. Tim Audit ini bertugas untuk melaksanakan Audit Internal dengan kriteria audit SNI ISO 17024:2012 dan lingkup audit mencakup seluruh organisasi dan operasional LSP-BATAN. Dalam pelaksanaan audit internal diawali dengan pembukaan, penyampaian program audit oleh Ketua Tim Audit dan selanjutnya dilaksanakan proses audit oleh para personil auditor.
 
 Closing Meeting Audit Internal LSP-BATAN
 Audit internal Tahun 2020 ini dirasa sangat berbeda dengan audit ditahun-tahun sebelumnya karena audit internal Tahun 2020 ini dilaksanakan saat pandemi Covid-19 sehingga dilakukan dengan metode jarak jauh (remote) dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan tidak secara langsung dengan tatap muka, meskipun demikian tidak mengurangi sedikitpun substansi maupun kualitas pelaksanaan audit. Hal ini tercermin dari hasil audit yang disampaikan saat closing meeting oleh Tim Audit mampu mengidentifikasi dan menguraikan banyak peluang-peluang perbaikan yang kemudian disepakati bersama oleh seluruh organisasi LSP-BATAN untuk ditindaklanjuti sebagai langkah peningkatan kinerja LSP-BATAN  secara berkelanjutan. (GEE)