HUT RI tahun 2020
Corona-19
Pengumuman Penerimaan CPSN 2019
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

Informasi Setiap Saat
No Daftar Informasi Setiap Saat List Dokumen / Link
1 Profil Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Profil Pejabat Struktural PTBBN Eselon II, III dan IV Lihat
Profil Pegawai PTBBN Lihat
Profil Fasilitas PTBBN Lihat
2 Program Kerja dan Kegiatan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Program Penelitian dan Pengembangan Lihat
3 Layanan Publik Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Maklumat Layanan Publik PTBBN Lihat
e-Lubika (Layanan Uji Bahan dan Kalibrasi) Lihat
Layanan Sewa Alat dan Fasilitas Lihat
Layanan Siswa/Mahasiswa PKL dan/atau Penelitian Lihat
Layanan Kunjungan Fasilitas Lihat
Layanan Informasi Publik Lihat
Layanan Pengaduan Lihat
Survey Kepuasan Masyarakat Lihat
Survey Persepsi Anti Korupsi Lihat
4 Hasil Penelitian & Litbangyasa Terbaru Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Publikasi Lihat

Informasi Berkala
No Daftar Informasi Berkala  
1 Rencana Strategis (RENSTRA) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Lihat
2 Laporan Tahunan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Lihat
3 Laporan Kinerja Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Lihat
4 Laporan Keuangan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Lihat

Informasi Serta Merta
No Daftar Informasi Serta Merta Dokumen Tahun
  Sampai saat ini PTBBN-BATAN belum memiliki informasi publik yang bersifat serta merta.    

Status Permintaan Informasi Publik
Kode Pemohon Pemohon Informasi Jenis Informasi Selesai Diteruskan ke PPID Utama Ditolak Tanggal Tindak Lanjut
      - -  
             

Informasi Yang Dikecualikan
Butir Keterangan 
 a. Informasi yang apabila dibuka dapat menghambat proses penegakan hukum 
 b. Informasi yang apabila dibuka dapat mengganggu kepentingan perlindungan hak kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat
 c. Informasi yang apabila dibuka dapat membahayakan pertahanan dan keamanan negara
 d. Informasi yang apabila dibuka dapat mengungkapkan kekayaan alam Indonesia
 e. Informasi yang apabila dibuka dapat merugikan ketahanan ekonomi nasional
 f. Informasi yang apabila dibuka dapat merugikan kepentingan hubungan luar negeri
 g. Informasi yang apabila dibuka dapat mengungkap rahasia pribadi
 h.  Memorandum atau surat-surat yang bersifat rahasia, kecuali atas keputusan Komisi Informasi atau Pengadilan 
 i. Informasi yang tidak boleh dibuka berdasarkan Undang - Undang

Whistle Blowing System (WBS) PTBBN

Selamat datang di layanan Whistle Blowing System Aplikasi Whistle Blowing System (WBS) adalah sistem aplikasi yang disediakan oleh Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan diri sendiri dan atau orang lain terkait suatu perbuatan berindikasi KKN yang dilakukan oleh ASN Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir maupun yang terjadi di lingkungan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN). Anda tidak perlu khawatir terungkapnya identitas diri anda karena kami akan merahasiakan identitas diri Anda sebagai Pelapor. Kami menghargai setiap informasi yang Anda laporkan kepada kami.

  1. Tentang WBS Istilah Whistleblower menjadi popular dan banyak disebut oleh berbagai kalangan dalam beberapa tahun terakhir. Hingga kini belu ditemukan padanan yang pas dalam Bahasa Indonesia untuk menggantikan istilah whistleblower tersebut. Apa Pakar yang memadankan istilah whistleblower sebagai “peniup peluit” ada yang menyebutkan “saksi pelapor” atau bahkan “pengungkap fakta” Pada perkembangan terakhir, Mahkamah Agung (MA) melalui surat edaran Mahkamah RI Nomor 4 Tahun 2011 memberikan terjemahan whistleblower sebagai pelapor tindak pidana yang mengetahui dan melaporkan tindak pidana tertentu dan bukan bagian dari pelaku kejahatan yang dilaporkannya. Namun demikian pemahaman mengenai whistleblower masih minim dan hanya dipahami oleh kalangan tertentu. Lebih jauh lagi literatur dan bahan bahacaan mengenai whistleblower juga masih minim di Indonesia. Seorang whistleblower sering kali dipahami sebagai saksi pelapor. Orang yang memberikan laporan atau kesaksian mengenai suatu dugaan tindak pidana kepada apparat penegak hukum dalam proses peradilan pidana.
  2. Penggunaan WBS Setiap orang bisa menggunakan sistem WBS ini untuk mendukung pemberantasan tindak pidana KKN di lingkungan PTBBN, Khususnya mereka yang mengetahui secara langsung praktek-praktek tindak pidanan KKN yang terjadi dalam business processPTBBN, termasuk sampai pada tingkat eselon IV (sub bagian / bidang / unit). Business process yang dimaksud adalah semua tugas fungsi dari PTBBN, misalnya:
    • Memonitoring dan mengevaluasi sekaligus penilaian atas pelaksanaan reformasi birokrasi di PTBBN.
    • Memonitoring dan mengevaluasi sekaligus penilaian atas pelaporan akuntabilitas PTBBN.
    • Memonitoring dan mengevaluasi, sekaligus penilaian atas pelaksanaan pelayanan public di PTBBN
    • Memberikan persetujuan atas formasi Aparatur Sipil Negara (ASN) di PTBBN.
    • Dan lain-lainnya.
    Business process juga termasuk hal-hal lain yang sering dilakukan oleh Kementrian PAN dan RB dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) seperti pembelian barang, pembangunan, perekrutan pegawai, dan lain-lain. Bagi siapapun yang bertindak sebagai seorang whistleblower harus memiliki akses informasi yang memadai atas terjadinya indikasi tindak pidana KKN yang akan dilaporkannya. Berikut ini beberapa hal untuk seseorang menjadi whistleblower :
    • Menaati persyaratan atau aturan PTBBN mengenai penerimaan pengaduan
    • Tidak mengungkap laporan atau kesaksian kepada Lembaga atau pihak lain.
    • Mampu memberikan laporan yang didasari oleh apa yang dialami, didengar, dan dilihat. Whistleblower juga melengkapi laporan dengan bahan-bahan atau petunjuk awal sebagai dasar investigasi laporan kepada PTBBN.
    • Memiliki niat yang baik, hal ini dimaksudkan whistleblower harus memiliki tujuan atau niat yang baik dalam mengungkapkan laporan atau kesaksian yang diketahui. Dengan melaporkan kejahatan atau pelanggaran dengan disertai bukti-bukti, maka dapat mengungkap kejahatan atau pelanggaran di PTBBN.
  3. Kriteria pengaduan Sistem aplikasi whistleblower PTBBN hanya menerima pengaduan yang terkait dengan tindak pidana KKN dan kejadian suap / gratifikasi. Dengan demikian yang dapat dilaporkan hanyalah kasus-kasus yang melibatkan pegawai PTBBN dalam hal seperti tertera di bawah ini:
    • Pegawai yang bertugas mengawasi kegiatan pembangunan / perawatan gedung, pemeliharaan / perawatan peralatan atau proses serah terima alat / bahan / barang antara PTBBN dengan pihak lain diluar PTBBN, yang secara sengaja membiarkan terjadinya perbuatan curang atapun tindakan gratifikasi dalam kegiatan tersebut.
    • Pegawai yang ditugaskan menjalankan suatu jabatan umum secara terus-menerus atau untuk sementara waktu, dengan sengaja menggelapkan uang atau surat berharga yang disimpan karena jabatannya, atau membiarkan uang atau surat berharga tersebut diambil atau digelapkan oleh orang lain, atau membantu dalam melakukan perbuatan tersebut.
    • Pegawai yang diberi tugas menjalankan suatu jabatan umum secara terus-menerus atau untuk sementara waktu, dengan sengaja:
      • melakukan tindakan penggelapan, penghancuran, perusakan, atau membuat atau membuat tidak dapat dipakai barang, akta, surat, dan atau daftar yang digunakan sebagai bukti dihadapan pejabat yang berwewenang, atau,
      • membiarkan orang lain menghilangkan, menghancurkan, merusak, atau membuat tidak dapat dipakai barang, akta, surat, dan atau daftar tersebut, atau
      • membantu orang lain menghilangkan, menghancurkan, merusak, atau membuat tidak dapat dipakai barang, akta, surat, dan atau daftar tersebut.
    • Pegawai yang menerima hadiah yang diberikan karena kekuasaan atau kewenangannya yang berhubungan dengan jabatannya.
    • Pegawai yang menerima hadiah atau janji, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah atau janjitersebut diberikan untuk menggerakan agar melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya.
    • Pegawai yang menerima hadiah, padahal diketahui atau patut diduga bahwa hadiah tersebut diberikan sebagai akibat atau disebabkan karena telah melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya.
    • Pegawai yang dengan maksud menguntungkan diri sendiriatau orang lain melakukan tindakan melawan hukum, atau dengan menyalahgunakan kekuasannya memaksa seseorang memberikan sesuatu, membayar, atau menerima pembayaran dengan potongan, atau untuk mengerjakan sesuatu bagi dirinya sendiri.
    • Pegawai yang pada waktu menjalankan tugas meminta, menerima, atau memotong pembayaran kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara lain atau kepada kas umum, seolah-olah pegawai negeri atau penyelenggara negara yang lain atau kas umum tersebut mempunyai hutang kepadanya, padahal diketahui nahwa hal tersebut bukan merupakan hutang
    • pegawai yang pada waktu menjalankan tugas, meminta tau menerima pekerjaan, atau penyerahan barang, seolah-olah merupakan hutang kepada dirinya, padahal diketahui bahwa hal tersebut bukan merupakan hutang.
    • Pegawai yang pada waktu menjalankan tugas, telah menggunakan tanah negara yang diatasnya terdapat hak pakai, seolah-olah sesuai dengan peraturan perundang-undanga, telah merugikan orang yang berhak, padahal diketahuinya bahwa perbuatan tersebut bertentangan dengan peraturan perundang-undangan atau baik langsung maupun tidak langsung dengan sengaja turut serta dalam pemborongan, pengadaan atau penyewaan yang pada saat dilakukan kegiatan untuk seluruh atau sebagian kegiatan juga ditugaskan untuk mengurus atau mengawasinya.
    • Pegawai menerima gratifikasi dianggap pemberian suap apabila berhubungan dengan jabatannya dan yang berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya.
  4. Kerahasian whistleblower PTBBN menjamin kerahasian whistleblower, perlindungan atas kerahasian identitas whistleblower akan diberikan kepada whistleblower yang memberikan informasi tentang adanya indikasi tindak pidana KKN / Gratifikasi yang dilakukan oleh pejabat / pegawai PTBBN selama proses pembuktian pengaduan / pelaporan indikasi tindak pidana korupsi, dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. PTBBN menjaga kerahasiaan whistleblower, melindungi whistleblower dan menindaklanjuti laporan yang disampaikan jika persyaratan laporan memenuhi ketentuan yang berlaku. PTBBN juga perlu melakukan proses investigasi dan audit secara independen terhadap pelapor untuk memastikan kesesuaian bukti dan isi laporan serta hal-hal lain yang terkait dengan laporan yang disampaikan.
  1. Isilah informasi secara lengkap sesuai dengan fakta;
  2. Mohon kepada pelanggan untuk mengisi Survei Kepuasan Pelanggan di akhir layanan.
Pengaduan Anda akan mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur sebagai berikut:
What     : Perbuatan berindikasi pelanggaran yang diketahui
Where   : Di mana perbuatan tersebut dilakukan
When    : Kapan perbuatan tersebut dilakukan
Who      : Siapa saja yang terlibat dalam perbuatan tersebut
How      : Bagaimana perbuatan tersebut dilakukan (modus, cara, dsb)
PTBBN akan merahasiakan identitas pribadi Anda sebagai Pelapor karena PTBBN hanya fokus pada informasi yang Anda laporkan.

Informasi Berkala

Dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan Aparatur Sipil Negara (ASN) kementerian/lembaga di tingkat pusat dan daerah, saat ini Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) melakukan survey persepsi korupsi di beberapa satker. Diharapkan kesediaan Bapak/Ibu/Saudara agar dapat berperan aktif dalam memberikan informasi terkait kinerja pelayanan di Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN). Kuesioner ini disusun sebagai media penyampaian informasi dari Bapak/Ibu/Saudara.

Mohon setiap pernyataan dijawab dengan benar dan jujur. Kami menjamin kerahasiaan atas informasi yang Bapak/Ibu/Saudara berikan.

Atas perhatian dan kerja sama yang baik diucapkan terimakasih.

Mohon untuk dapat di isi melalui link berikut :

PENDAHULUAN

Dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan sebagaimana yang diamanatkan dalam

  1. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  2. Peratuan Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik
  3. Peratuan Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peratuan Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Lingkungan Instansi Pemerintah,
  4. Peraturan Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional Nomor 13 Tahun 2017 tentang Standar Pelayanan Publik

Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) sebagai salah satu instansi pemerintah yang melakukan pelayanan terhadap masyarakat berusaha untuk memenuhi hal yang tertuang dalam peraturan yang ada melalui survey tingkat kepuasan pelanggan dan survey presepsi anti korupsi terhadap pelayanan yang telah dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada masyarakat/ pelanggan yang menggunakan pelayanan.

1. Bagaimana cara melakukan pendaftaran layanan uji dan kalibrasi di PTBBN ?

Anda dapat melakukan klik link berikut untuk mengisi formulir pendaftaran layanan uji dan kalibrasi e-lubika

2. Bagaimana cara mengetahui jenis layanan apa saja yang dapat dilakukan di PTBBN ?

Informasi jenis layanan PTBBN dapat anda peroleh melalui link berikut Jenis Layanan

3. Bagaimana cara mendaftar Praktek Kerja Lapangan (PKL)/magang/tugas akhir di PTBBN ?

Kegiatan PKL/magang/tugas akhir dapat dilakukan dengan mengajukan surat permohonan ke instansi PTBBN melalui surat maupun email pada link berikut 

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : http://www.batan.go.id/ptbbn

4. Bagaimana cara mendapatkan akses informasi hasil litbang PTBBN?

Hasil penelitian dipublikasikan dalam jurnal URANIA dan PIN yang dapat dilihat melalui link berikut Publikasi

5. Bisakah kami melakukan kunjungan ke PTBBN?

Pelayanan kunjungan ke laboratorium PTBBN persyaratan peserta minimal berusia 18 tahun. Untuk informasi dan prosedur kunjungan, silahkan hubungi Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK).

6. Dapatkah mahasiswa melakukan penelitian/tugas akhir di PTBBN ?

Penelitian / tugas akhir dapat dilakukan selama judul atau kegiatan penelitian tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi PTBBN dapat diakomodir dalam kegiatan litbangjirap dan sesuai dengan kompetensi PTBBN. 

7. Apakah ada biaya jika melakukan kegiatan penelitian untuk tugas akhir mahasiswa ?

Tidak ada pungutan biaya

8. Bagaimana cara menjalin kerjasama penelitian dengan PTBBN?

Pengajuan kerjasama dapat dilakukan melalui surat permohonan kerjasama yang dapat dikirimkan melalui link berikut

Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Website : http://www.batan.go.id/ptbbn

9. Adakah syarat bila penelitian mahasiswa yang menghasilkan Karya Tulis Ilmiah (KTI) akan dipublikasikan ?

Mahasiswa yang melakukan penelitian sepenuhnya di PTBBN dan akan mempublikasikan Makalah/Karya Tulis Ilmiahnya wajib mencantumkan salah satu peneliti/nama pembimbing lapangan sebagai penulis kedua dalam tulisannya serta mencantumkan instansi PTBBN BATAN serta nama pembimbing sebagai kontributor dalam  kolom acknowledment

Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir - BATAN melakukan pengelolaan pengaduan setiap bulannya sebagai akuntabilitas layanan yang telah diberikan kepada masyarakat. Sarana pembuatan laporan pengaduan, masukan, dan saran telah difasilitasi oleh PTBBN agar masyarakat dapat dengan mudah mengaksesnya, yaitu baik melalui Kotak Masukan dan Saran (KOMASU), Tatap Muka, Telepon, Whatsapp, Website, Email, Twitter, Instagram, Facebook, dan Youtube. Pengaduan dikategorikan menjadi tiga yaitu pengaduan masyarakat, pengaduan layanan jasa dan pengaduan terkait Whistle Blowing System (WBS).


1. Hasil rekapitulasi pengelolaan pengaduan masyarakat.

Jenis Sarana TAHUN 2020
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGS SEP OKT NOV DES
KOMASU 0 0 0  0  0 0            
Tatap Muka 0  0   0   0  0 0            
Telepon 0  0   0   0  0  0             
Whatsapp 0 0  0   0  0  0             
Website 0  0   0   0  0 0            
Email 0  0   0   0  0  0             
Twitter 0  0   0   0  0  0             
Instagram 0  0   0   0  0 0            
Facebook  0   0   0   0  0 0            
Youtube 0  0   0   0  0 0            
JUMLAH 0  0   0  0 0 0            

Berikut ini pengaduan terhadap layanan yang dapat di publish:

Tanggal

Jenis Pengaduan

Detail Pengaduan

Tindak Lanjut

       

 


2. Hasil rekapitulasi pengelolaan pengaduan layanan utama .

Jenis Sarana TAHUN 2020
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGS SEP OKT NOV DES
KOMASU 0 0 0 0 0            
Tatap Muka 0  0  0 0 0            
Telepon 0  0  0 0 0            
Whatsapp 0  0  0 0 0            
Website 0  0  0 0 0            
Email 0  0  0 0 0            
Twitter 0  0  0 0 0            
Instagram 0  0  0 0 0            
Facebook  0   0  0 0 0            
Youtube 0  0  0 0 0            
JUMLAH 0 0  0 0 0            

 Berikut ini pengaduan terhadap layanan yang dapat di publish:

Tanggal

Jenis Pengaduan

Detail Pengaduan

Tindak Lanjut

       

 


3. Hasil rekapitulasi pengelolaan pengaduan layanan pendukung (layanan siswa/mahasiswa PKL dan atau penelitian, dan layanan informasi publik dan kunjungan fasilitas).

Jenis Sarana TAHUN 2020
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGS SEP OKT NOV DES
KOMASU 0  0  0  0  0  0             
Tatap Muka 0  0   0   0   0   0             
Telepon 0  0   0   0  0  0             
Whatsapp 0  0   0   0  0  0             
Website 0  0   0   0  0  0             
Email 0  0   0   0  0              
Twitter 0  0   0   0  0              
Instagram 0  0   0   0  0              
Facebook  0   0   0   0  0              
Youtube 0  0   0   0  0              
JUMLAH 0 0  0   0  0  0             

 


4. Hasil rekapitulasi pengelolaan pengaduan Whistle Blowing System (WBS)

Jenis Sarana TAHUN 2020
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGS SEP OKT NOV DES
KOMASU 0 0 0  0  0 0            
Tatap Muka 0  0  0 0 0 0            
Telepon 0  0  0 0 0 0            
Whatsapp 0  0  0  0   0  0            
Website 0  0  0  0   0  0            
Email 0  0  0  0   0   0             
Twitter 0  0  0  0  0  0             
Instagram 0  0  0  0  0 0            
Facebook  0   0  0  0  0 0            
Youtube 0  0  0  0  0 0            
JUMLAH 0  0  0  0  0 0