Pengumuman Penerimaan CPSN 2019
sucofindo
SDM Nuklir
SDM Nuklir BATAN
Tomo Graphy
peresmian gedung radiosiotop
korupsi
kedelai
Radiofarmaka

(Tangsel, 22/01/2200) Mahasiswa Kerja Praktek di BATAN khususnya di Kawasan PUSPIPTEK Serpong diberikan kesempatan untuk mengunjungi Fasilitas Nuklir yang dimiliki oleh BATAN di Kawasan Nuklir Serpong.  Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) menerima kunjungan mahasiswa kerja praktek dari PSTBM BATAN pada tanggal 22 Januari 2020, di Gd.50 Kawasan Puspiptek, Serpong, jumlah peserta 8 orang.

(Tangerang Selatan, 16/01/2020). Pemerintah saat ini tengah menyiapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024 yang akan ditetapkan 20 Januari mendatang. Dalam RPJMN itu, Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) ditugaskan menjadi koordinator 3 Prioritas Riset Nasional (PRN), yakni terkait Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), radioisotop dan radiofarmaka, dan Sistem Pemantau Radiasi Lingkungan untuk Keselamatan dan Keamanan (SPRKK). Hal ini disampaikan Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan, saat bertemu dengan media lokal Tangerang Selatan, Kamis (16/01).

Isu PLTN selalu menarik untuk diperbincangkan. Kendati PLTN menjadi salah satu PRN, tidak berarti lantas segera dibangun.

(Tangerang Selatan, 20/12/2019) Tungsten Inert Gas (TIG) atau yang sering disebut Gas Tungsten Arc Welding (GTAW) adalah salah satu bentuk Arc Welding (Las Busur Listrik). Hasil las yang dihasilkan oleh GTAW pada hampir semua jenis logam bermutu tinggi. GTAW biasanya digunakan pada logam ringan seperti magnesium, aluminum, serta stainless steel.

PTBBN memiliki keterbatasan SDM yang ahli dalam pengelasan TIG, untuk itulah PTBBN menyelenggarakan kegiatan pemagangan teknik pengelasan TIG yang diikuti oleh para pegawai muda PTBBN dengan kegiatan yang bersinggungan dengan pengelasan TIG. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 16-20 Desember 2019 di ruang rapat gedung 65 PTBBN. Narasumber dalam kegiatan pemagangan ini Abdul Rojak purnabakti PTBBN dan Dadang pegawai senior PTBBN. Kedua narasumber ini merupakan pakar dibidang pengelasan TIG dan telah memiliki sertifikasi.

(Tangerang Selatan, 8 Januari 2020) Perayaan malam tahun baru mungkin masih hangat di ingatan sebagian masyarakat yang merayakan, ditambah lagi pada hari pertama di tahun 2020, Jakarta terkepung banjir. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginan pemilik limbah untuk melakukan penyerahan limbahnya. Terbukti, tidak berapa lama setelah pergantian tahun, yakni pada Senin, 6 Januari atau merupakan hari kerja ketiga di tahun 2020, layanan pengelolaan limbah radioaktif sudah kedatangan limbah radioaktif dari industri. Layanan pengelolaan limbah radioaktif PTLR langsung "panas" di awal tahun 2020, tidak perlu menunggu waktu hingga tengah tahun.

(Tangerang Selatan, 20/12/2019) “Sebagian masyarakat masih memandang bahwa menulis adalah pekerjaan yang berat, hanya mereka yang cerdas yang bisa membuat tulisan,” ini merupakan anggapan yang keliru. Untuk bisa meruntuhkan anggapan itu diperlukan senjata utama yaitu  dengan rajin membaca; terus bertanya; dan bebaskan perasaan dengan menulis sesuka hati kita. Dalam membuat tulisan diperlukan suatu teknik atau metode yang bisa kita gunakan sesuai dengan bentuk tulisan yang akan kita buat.

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemajuan atau kemunduran suatu organisasi bisa berasal dari sebuah tulisan yang berkembang dimasyarakat. Untuk itulah kemampuan mengemas tulisan atau berita sangat penting karena berkaitan dengan opini yang akan diterima oleh masyarakat.