Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

(Jakarta, 30/06/2020) Daerah Mamuju, Sulawesi Barat merupakan salah satu daerah target eksplorasi uranium dan torium di Indonesia. Pada akhir 2019 PTBGN melakukan kegiatan pengeboran di Desa Pasa’bu dan Takandeang. Kegiatan pengeboran pada lokasi tersebut didasarkan indikasi anomali hasil pendataan radiometri, pemetaan geologi, pemetaan geokimia, dan konfirmasi kadar dari laboratorium. Tujuan dari kegiatan pengeboran adalah mengetahui sebaran dan kemerusan uranium ke bawah permukaan.

(Jakarta, 16/06/2020) Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN mengadakan Sosialisasi RoadMap Reformasi Birokrasi (RB) Nasional 2020-2024 dan Workshop Pembangunan Zona Integritas (PZI), dengan narasumber Zulfiyandi dari PTLR-BATAN. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural, fungsional, dan Tim RB di lingkungan PTBGN. Tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi dan workshop ini untuk mengetahui Sasaran Pelaksanaan RB Nasional 2020-2024 agar terciptanya birokrasi yang bersih, akuntabel, capable dan untuk mewujudkan pelayanan publik yang Prima.

RoadMap RB Nasional 2020-2024 menekankan pada 8 area perubahan.  Area perubahan tersebut meliputi manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, organisasi, tata laksana, akuntabilitas kinerja, pengawasan, pelayanan publik, dan SDM  dengan persentase 60% sebagai faktor pengungkit. Sedangkan akuntabilitas kinerja dan keuangan, kualitas pelayanan publik dan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN dengan persentase 40% sebagai faktor hasil.

(Jakarta, 09/06/2020) Bertempat di Ruang Rapat Uranium, Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN pada hari Selasa 9 Juni 2020 telah resmi dilaksanakan perjanjian/kontrak pengadaan pembaruan perangkat lunak SurpacTM antara PTBGN BATAN yang diwakili Pejabat Pembuat Komitmen, Kurnia Setiawan Widana, dan PT. ARNOC Energi Indonesia yang diwakili oleh Direktur Aristo Getriadi. Kegiatan ini disaksikan oleh Kepala PTBGN, Yarianto SBS; Kepala Bagian Tata Usaha, Suharni; dan pengguna perangkat lunak, Dhatu Kamajati.

Kepala PTBGN memberikan arahan,  semoga pelaksanaan pengadaan ini dapat diselesaikan sesuai waktu pekerjaan. Pembaruan perangkat lunak eksplorasi dan pertambangan ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kompetensi  dan dimanfaatkan sebaik mungkin karena dalam kondisi pemotongan anggaran, pengadaan pengadaan pembaruan perangkat lunak SurpacTM ini tetap dapat dilaksanakan.

(Jakarta, 13/03/2020) Sejalan dengan Prioritas Riset Nasional (PRN) Pembangunan PLTN yang akan difokuskan di Kalimantan Barat, maka Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BATAN menyelenggarakan Diklat Studi Tapak Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) pada tanggal 17 Februari sampai 13 Maret 2020 di Gedung 52 PTBGN BATAN. Diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pejabat fungsional (pejafung) di lingkungan PTBGN BATAN dalam melakukan studi lapangan calon tapak PLTN. Kegiatan ini juga merupakan persiapan sebelum dilaksanakannya kegiatan evaluasi calon tapak aspek geoteknik, kegempaan, dan vulkanologi yang akan dilaksanakan bekerja sama dengan Pusat Kajian Sistem Energi Nuklir (PKSEN), BATAN.

Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN telah mendatangkan alat analisis baru yang mampu mendeteksi dan menganalisis seluruh elemen dari Karbon (C) sampai Amerisium (Am) dengan resolusi tinggi dan preparasi sampel yang sangat mudah dan cepat. Alat tersebut adalah Micro-XRF M4 TORNADOPLUS AMICS, merupakan yang pertama ada di Indonesia. Alat ini merupakan alat micro-XRF yang pertama di dunia. Penambahan software AMICS yang dihubungkan dengan alat ini dapat meningkatkan kemampuan alat ini sampai pada analisis mineralogi batuan.

Dalam rangka memaksimalkan penggunaan alat Micro-XRF ini, maka PTBGN melaksanakan diskusi penggunaaan alat dengan mendatangkan 2 tenaga ahli Bruker, yaitu Mr. Andrew Menzies dari Bruker Germany dan Ms. Chew Moi dari Bruker Regional Asia.