Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

(Jakarta, 27/10/2020). Pada hari Selasa 27 Oktober 2020, bertempat di Auditorium BAPETEN, Jl. Gajah Mada No. 8, Jakarta Pusat, BAPETEN telah memberikan Anugerah BAPETEN 2020 kepada berbagai pelaku usaha, litbang, dan lembaga pelatihan yang memanfaatkan tenaga nuklir seperti radiografi, fluoroskopi, well logginggauging, ekspor impor, iradiasi, instalasi bahan nuklir, safeguard, lembaga uji kesesuaian dll serta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang mempunyai komitmen terhadap budaya keselamatan dan keamanan. Penghargaan diberikan bagi pemegang izin maupun institusi yang telah mendorong terhadap kepatuhan keselamatan penggunaan bahan radioaktif (safety, security, dan safeguard). Penghargaan ini dilakukan setiap satu tahun sekali sejak 2015, yang sebelumnya dikenal dengan BSSA (BAPETEN Safety and Security Award).

(Jakarta, 23/10/2020) Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN telah melaksanakan Nuclear Knowledge Management (NKM) yang berisi presentasi terkait uranium/torium: sumber daya, pengolahan dan pemanfaatannya di bidang energi.  Pertemuan dilaksanakan di Ruang Rapat Uranium, PTBGN selama 3 hari (21-23 Oktober 2020) dan diikuti oleh 22 peserta, selain itu juga dilaksanakan secara daring. Pertemuan dibuka oleh Kepala PTBGN, Yarianto SBS,  yang menyampaikan pentingnya kegiatan NKM, mengingat tujuannya adalah untuk mengembangkan kompetensi dan meningkatkan kinerja SDM di bidang nuklir serta mewariskan pengetahuan dan keterampilan di bidang nuklir ke generasi berikutnya. 

(Jakarta, 22/09/2020) Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) telah melantik 210 orang pejabat fungsional BATAN, dimana sebanyak 11 orang berasal dari Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), pengangkatan dalam jabatan fungsional ini melalui proses penyetaraan jabatan struktural Eselon 3 dan Eselon 4.  Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawan mengatakan bahwa pelantikan ini merupakan momentum penting bagi BATAN dalam menjalankan program pemerintah untuk melakukan perampingan birokrasi dengan menghilangkan jabatan Administrator dan Pengawas, Eselon 3, dan Eselon 4. Pelantikan kali ini dilakukan secara tatap muka dan daring, untuk pejabat PTBGN dilaksanakan  di Ruang Uranium Gedung 50 PTBGN Kawasan Nuklir Pasar Jumat.

(Jakarta, 09/09/2020). Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN mengadakan acara sosialisasi Komisi Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP). Acara ini diselenggarakan secara daring (online) dan luring (offline) mengingat keterbatasan jumlah peserta di ruang rapat yang mengharuskan menjaga jarak sesuai dengan Protokol Kesehatan Covid-19.  Peserta yang hadir terdiri dari para struktural dan fungsional. Hasnel Sofyan dari PTKMR-BATAN menjadi narasumber pada sosialisasi ini, yang juga merupakan Asesor KNAPPP.

(Jakarta, 04/09/2020). Dalam rangka meningkatkan mutu layanan Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN mengadakan Forum Konsultasi Publik (FKP) Temu Pelanggan. Acara ini diselenggarakan secara daring, mengingat Protokol Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk mengumpulkan orang banyak dalam suatu tempat. Tujuan dari Forum Konsultasi Publik Temu Pelanggan ini sebagai sarana komunikasi dan promosi layanan yang dimiliki oleh PTBGN kepada pelanggan serta pemenuhan salah satu syarat dari program reformasi birokrasi PTBGN dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang prima. Peserta merupakan pelanggan internal BATAN maupun eksternal yang terdiri dari akademisi, dunia bisnis, lembaga swadaya masyarakat, dan tokoh masyarakat.

Forum Konsultasi Publik ini menjelaskan mengenai semua jenis layanan yang dimiliki PTBGN serta prosedur dari masing-masing jenis layanan. Adapun jenis layanan PTBGN dibagi menjadi 4 jasa layanan yaitu jasa layanan kunjungan fasilitas, jasa layanan eksplorasi dan pengolahan bahan galian nuklir, jasa layanan tenaga ahli ketenaganukliran, serta jasa layanan praktik kerja lapangan dan tugas akhir.