Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

Pertemuan Ilmiah Tahunan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (PIT IAGI) ke-49 diselenggarakan di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada 15 – 18 Desember 2020. PIT IAGI merupakan ajang tahunan yang mempertemukan akademisi, praktisi, dan mahasiswa geologi seluruh Indonesia untuk mempublikasikan perkembangan ilmu, pengalaman, dan teknologi dalam bidang geologi dimana pada tahun ini mengusung tema “Geology and Sustainable Development”. Penyelenggaraan kegiatan tahun ini menjadi spesial karena untuk pertama kalinya dilaksanakan dengan sistem hybrid yaitu gabungan antara pemaparan tatap muka langsung di lokasi acara dan pemaparan jarak jauh melalui konferensi video daring. Sistem penyelenggaraan tersebut dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus COVID -19. 

(Jakarta, 17/12/2020). Laboratorium Pengujian Bahan Galian (PBG) telah melaksanakan rapat Kaji Ulang Manajemen (KUM) Tahun 2020. Kegiatan rapat KUM Laboratorium PBG ini  dilaksanakan secara tatap muka di ruang rapat Utama Uranium Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN). Rapat KUM laboratorium dilaksanakan secara terpisah dengan rapat KUM PTBGN (SMM & SMK3), hal ini bertujuan agar pembahasan dalam rapat dapat berfokus pada masing-masing permasalahan dari masing-masing sistem manajemen, dan khususnya KUM laboratorium ini juga dalam rangka persiapan Akreditasi KAN. Materi rapat KUM laboratorium kali ini membahas mengenai tindak lanjut KUM tahun 2019, proses tindak lanjut audit internal tahun 2020, isu eksternal terkait proses akreditasi laboratorium, presentasi kinerja tahun 2020 dari setiap Manajer dan memaparkan program kerja untuk tahun 2021. Rapat KUM laboratorium diselenggarakan selama satu hari, diikuti oleh seluruh personalia pengelola Laboratorium PBG.

(Jakarta, 08/12/2020). Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) BATAN telah melaksanakan rapat Kaji Ulang Manajemen (KUM) untuk Tahun Anggaran 2020. Kegiatan rapat KUM kali ini diselenggarakan secara tatap muka di Ruang Rapat Utama Uranium PTBGN dengan menerapkan protokol Covid-19. Rapat KUM dipimpin langsung oleh Kepala PTBGN Yarianto Sugeng Budi Susilo dan dihadiri oleh seluruh Koordinator Bagian/Bidang/Unit/Sub Bagian/Sub Bidang serta KPTF dan Tim NKM PTBGN. Kepala PTBGN menyampaikan keselamatan merupakan prioritas utama dan merupakan tanggung jawab bersama, maka dari itu mengingat kondisi pandemi Covid-19 saat ini seluruh pegawai PTBGN harus terus menerapkan protokol Covid-19 dalam melaksanakan kegiatan baik itu di dalam kantor maupun yang sedang dinas di luar kantor.

(Jakarta, 03/11/2020). Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) BATAN mengadakan Tes Serologi Covid-19 bagi seluruh pegawai PTBGN sebagai salah satu langkah pencegahan wabah Covid-19.  Pengambilan sampel darah bertempat di Ruang Rapat Utama Uranium Gedung 50 PTBGN. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan Tenaga Kesehatan dari Rumah Sakit Mayapada. Sebanyak 86 pegawai terdaftar untuk mengikuti tes tersebut mulai dari Kepala Pusat, seluruh pejabat fungsional, dan PPNPN di lingkungan PTBGN. Kegiatan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di PTBGN yaitu selalu menggunakan masker dan memperhatikan jarak aman antarpegawai.

(Jakarta, 27/10/2020). Pada hari Selasa 27 Oktober 2020, bertempat di Auditorium BAPETEN, Jl. Gajah Mada No. 8, Jakarta Pusat, BAPETEN telah memberikan Anugerah BAPETEN 2020 kepada berbagai pelaku usaha, litbang, dan lembaga pelatihan yang memanfaatkan tenaga nuklir seperti radiografi, fluoroskopi, well logginggauging, ekspor impor, iradiasi, instalasi bahan nuklir, safeguard, lembaga uji kesesuaian dll serta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang mempunyai komitmen terhadap budaya keselamatan dan keamanan. Penghargaan diberikan bagi pemegang izin maupun institusi yang telah mendorong terhadap kepatuhan keselamatan penggunaan bahan radioaktif (safety, security, dan safeguard). Penghargaan ini dilakukan setiap satu tahun sekali sejak 2015, yang sebelumnya dikenal dengan BSSA (BAPETEN Safety and Security Award).