Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

(Jakarta, 16/04/2021) Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) – BATAN melakukan kunjungan kerja ke Trinitan Industrial Development and Assessment Center (TINDAC) di Cileungsi, Kabupaten Bogor. TINDAC merupakan fasilitas yang dikelola oleh Trinitan Group yang merupakan konglomerasi dari beberapa perusahaan yang secara umum bergerak di sektor pengolahan logam dan mineral, baterai otomotif, baterai litium, energi terbarukan, dan produk terkait lainnya dimana produk-produk tersebut sudah tersebar di lebih dari 35 negara.

Dalam kegiatan tersebut para perwakilan PTBGN yang dipimpin oleh Kepala PTBGN, Yarianto Sugeng Budi Susilo, disambut langsung oleh Direktur Utama PT Trinitan Metals and Minerals Tbk., Petrus Tjandra, beserta jajaran manajemen lainnya. Dalam sambutannya Petrus Tjandra merasa sangat antusias dengan kegiatan kunjungan ini dimana diharapkan acara tersebut merupakan awal dari kolaborasi yang baik antara pihak swasta dan lembaga pemerintah dalam rangka pengembangan teknologi buatan anak negeri untuk kemajuan bangsa. Dalam kesempatan tersebut Kepala PTBGN juga menyampaikan sambutannya, “Fasilitas di Trinitan Group memberikan impresi yang sangat luar biasa, seperti halnya perusahaan-perusahaan besar di negara maju yang selalu mengedepankan riset. Hal ini penting karena dapat memicu inovasi yang berkelanjutan untuk pengembangan kemampuan nasional kita. Tentu kita membutuhkan kolaborasi bersama berbagai pihak untuk kemajuan teknologi bangsa. Semoga dengan adanya kunjungan ini menjadi awal dari hubungan kolaborasi yang baik terutama antar sumber daya manusia dari kedua belah pihak agar bisa bersinergi bersama untuk kemajuan bangsa serta dapat mengaktualisasikan hasil kegiatan tersebut dalam bentuk yang lebih nyata.”

(Jakarta, 16/04/2021) Tim Agen Perubahan Reformasi Birokrasi (RB) dan Pembangunan Zona Integritas (PZI) Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) mengunjungi Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK). Kunjungan tersebut berkaitan dengan studi banding yang dilakukan oleh PTBGN terhadap PDK yang telah meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020. Anggota Tim Agen Perubahan RB dan PZI PTBGN yang berjumlah 7 (tujuh) orang dipimpin oleh ketua Tim Miki Arian Saputra diterima langsung oleh Kepala PDK Eko Madi Parmanto bersama Sub Koordinator Unit Jaminan Mutu (UJM) Duwi Susilowati di Gedung Perasten, Kawasan Nuklir Pasar Jumat.

(Jakarta, 29/03/2021) Kepala Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) - BATAN, Yarianto Sugeng Budi Susilo, menutup kegiatan Pelatihan Seismik Refleksi PTBGN 2021 yang dilangsungkan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di Ruang Rapat Uranium PTBGN, Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta. Pelatihan dilakukan dari tanggal 24 – 29 Maret 2021 dan diikuti 8 orang peserta dari PTBGN. Peserta terdiri atas 5 orang berlatar belakang geologi, 2 orang geofisika, dan seorang elektronika instrumentasi. Pelatihan ini berguna untuk meningkatkan kompetensi pegawai PTBGN khususnya dalam akuisisi dan pengolahan data seismik refleksi.

Kepala PTBGN menyampaikan ucapan syukur atas telah terselenggaranya rangkaian acara Pelatihan Seismik Refleksi dari teori dasar, akuisisi, dan pengolahan data. Beliau berpendapat jika ilmu seismik ilmunya memang susah, ilmu gaib, sesuatu yang tidak bisa dilihat tetapi harus bisa dimengerti. Beliau juga berterima kasih kepada Agus Riyanto dan Stevanus yang menjadi narasumber, selama 4 hari penuh memberikan bimbingan, pengajaran, dan pencerahan tentang teori dan praktek seismik refleksi bagi praktisi.

(Jakarta, 23/03/2021) Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) dengan Pusat Standarisasi Mutu Nuklir (PSMN) bekerja sama menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengenalan ISO 45001:2018 untuk seluruh pegawai PTBGN. Sosialisasi diselenggarakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 22-23 Maret 2021 secara daring melalui aplikasi konferensi video Zoom. Terdapat 3 narasumber dari PSMN yaitu Sigit Santosa, Sunarto, dan Anggraini Ratih K.

Sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka transisi pada Sistem Manajemen BATAN yang tidak lagi menggunankan standar manajemen 18001:2007 dan diganti dengan standar manajemen ISO 45001:2018. Pergantian standar manajemen ini mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan bahwa OHSAS 18001:2007 sudah tidak berlaku lagi pada tanggal 12 Maret 2021 dan sekaligus secara resmi standar manajemen 45001:2018 berlaku pada tanggal tersebut. Narasumber menghimbau agar PTBGN untuk menyesuaikan segala ketentuan yang digunakan dengan standar ISO 45001:2018. (nbs)

(Jakarta, 22/03/2021) Logam Tanah Jarang (LTJ) diketahui banyak memiliki keunggulan yang menjadikannya unsur strategis dan bernilai ekonomi tinggi. Beberapa kegiatan penelitian dan pengembangan (litbang) pemanfaatan LTJ yang saat ini dilakukan antara lain untuk cat anti-radar, sensor gas, MRI contrast agent, perisai radiasi, dan lain sebagainya. Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN) dengan fasilitas Pilot Plant Pemisahan LTJ, Uranium, dan Thorium (PLUTHO) telah mampu mengolah mineral monasit yang mengandung LTJ untuk menghasilkan konsentrat LTJ hidroksida yang bebas unsur radioaktif. Produk ini menjadi awal dari litbang pemanfaatan LTJ yang dilakukan baik di internal BATAN maupun instasi lain.