Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

(Jakarta, 02/09/2019) Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir (PTBGN), BATAN mengadakan Sosialisasi Budaya Keamanan dan Sosialisasi SOP Kerja di Luar Jam Kerja yang dilaksanakan pada Senin, 2 September 2019 di Ruang rapat Keselamatan Kerja dan Instalasi Penambangan. Acara ini dihadiri oleh seluruh pegawai PTBGN. Tujuan dari Sosialisasi Budaya Keamanan dan Sosialisasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Kerja di Luar Jam Kerja adalah agar pegawai PTBGN mengetahui dan memahami budaya keamanan dan prosedur kerja di luar jam kerja untuk tecapainya keamanan nuklir di lingkungan PTBGN.

Rangkaian kegiatan ini meliputi pembukaan, presentasi sosialisasi budaya keamanan, presentasi sharing knowledge, dan presentasi SOP Kerja di Luar Jam Kerja. Kegiatan diawali dan dibuka oleh Kepala PTBGN,  Yarianto S.B.S. Beliau menyampaikan bahwa budaya keamanan bukanlah hanya tanggung jawab pengamanan tetapi budaya keamanan adalah tanggung jawab semua individu, sehingga diharapkan tiap pegawai dapat memahami dan mengaplikasikan budaya keamanan.

Selanjutnya, presentasi sosialisasi budaya keamanan dengan materi “Menumbuhkembangkan Budaya Keamanan di Lingkungan BATAN” yang disampaikan oleh Usup Sudiawan dari Biro Hukum, Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama (BHHK), BATAN. Ada beberapa tahapan untuk dapat mencapai ke tahap yang disebut budaya keamanan yaitu: dipaksa, terpaksa, bisa, biasa, budaya. Selain itu untuk mencapai tercapainya keamanan nuklir dibutuhkan kerja sama yang sinergi antara Security, Safety, dan Safeguard (3S).

Presentasi selanjutnya oleh Nunik Madyaningarum dari Unit Jaminan Mutu PTBGN, mengenai sharing knowledge dengan materi “Nuclear Material Accounting and Control (NMAC) for Nuclear Security Purpose at Facility”. Pada kesempatan ini Ibu Nunik menyampaikan materi keamanan yang didapatkannya dari kursus di Korea beberapa hari yang lalu.

Presentasi ketiga terkait SOP Kerja di Luar Jam Kerja yang disampaikan oleh Apid Apandi dari Unit Pengamanan Nuklir PTBGN. Harapannya dapat menjalankan SOP tersebut dengan baik dan benar agar tercapai keamanan di lingkungan PTBGN.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab terkait ketiga materi yang telah disampaikan oleh masing-masing narasumber. (baa)