Slide item 1

BATAN Lakukan Akselerasi Pemanfaatan Bahan Galian Nuklir

BATAN melakukan akselerasi pemanfaatan dan pengelolaan bahan galian nuklir terutama mineral radioaktif, mudah-mudahan semua bisa memberikan hasil (outcomes). Sehingga apa yang kita teliti dan kembangkan tidak hanya berhenti di lab tapi juga kita hilirkan dan komersialisasikan,” ungkap Kepala BATAN, Anhar Riza Antariksawa, saat .....

Selengkapnya...
TPP_BGN
KKIP_BGN

(Jakarta, 30/06/2020) Daerah Mamuju, Sulawesi Barat merupakan salah satu daerah target eksplorasi uranium dan torium di Indonesia. Pada akhir 2019 PTBGN melakukan kegiatan pengeboran di Desa Pasa’bu dan Takandeang. Kegiatan pengeboran pada lokasi tersebut didasarkan indikasi anomali hasil pendataan radiometri, pemetaan geologi, pemetaan geokimia, dan konfirmasi kadar dari laboratorium. Tujuan dari kegiatan pengeboran adalah mengetahui sebaran dan kemerusan uranium ke bawah permukaan.

Pengeboran dilaksanakan dengan metode bor inti, bekerja sama dengan kontraktor PT. Bina Teknika Mandiri, pada total enam buah lubang bor eksplorasi di Desa Pasa’bu dan Desa Takandeang. Secara morfologi lokasi pengeboran merupakan alur sungai pada tinggian bukit dengan akses jalan tanah yang terbatas dan curam, sehingga mobilisasi peralatan bor harus menggunakan mobil double gardan dan pada lereng terjal digotong secara manual.

Setelah selesai pengeboran dilakukan deskripsi inti bor, logging geofisika, dan pengambilan sampel untuk analisis laboratorium. Keseluruhan data hasil pengeboran selanjutnya akan diintegrasikan dengan data geologi, radiometri, dan geofisika untuk menentukan model bijih dan mengestimasi sumber daya uranium. (FP, HS)