WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 14/10/2020) Korosi merupakan degradasi material akibat interaksi dengan lingkungan. Kerusakan komponen akibat korosi dapat terjadi pada industri nuklir maupun non-nuklir dan jika tidak diantisipasi dengan baik dapat mengakibatkan kerugian secara ekonomi yang cukup besar. Karakterisasi korosi dapat dilakukan dengan metode perubahan berat dan elektrokimia menggunakan alat Potensiostat. Salah satu metode elektrokimia yang digunakan adalah metode potensiodinamik atau tafel, dan Electro Impedance Spectroscopy (EIS). Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) merupakan Satuan Kerja di BATAN yang mempunyai tusi pembuatan bahan bakar nuklir. Untuk itulah kami hadir menyelenggarakan workshop secara online dengan Tema  "Pengukuran Laju Korosi Bahan Struktur Metode Ekstrapolasi Tafel dan Electro Impedance Spectroscopy (EIS)". Workshop terselenggara pada hari Rabu tanggal 14 Oktober 2020 pukul 08.15-12.00 WIB. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara  online dan diikuti oleh 52 peserta terdiri dari BATAN (PTBBN, PTLR, PTKRN, PRFN dan PSTNT) dan Perguruan Tinggi baik dosen maupun mahasiswa (ITS, UNJANI, UNES, STTN BATAN, STT Migas Balikpapan), Workshop kali ini menghadirkan 2 narasumber yaitu Ir. Sungkono, MT sebagai Peneliti Madya Bidang Material di PTBBN BATAN dan Dr.Ir. Djoko Hadi Prajitno, MSME sebagai Peneliti Madya Bidang Material di PSTNT BATAN dengan moderator Maman Kartaman Ajirianto, ST, MT. Adapun tujuan workshop tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi personil dalam pengujian dan analisis korosi bahan struktur dengan ekstrapolasi tafel/polarisasi dan EIS, serta validasi hasil uji korosi elektrokimia untuk pengajuan lingkup akreditasi.

(Tangerang Selatan, 23/09/2020) Tantangan kuantitas dan kualitas, pasokan SDM berkualitas sangat kurang, banyak yang kurang pengalaman mengisi posisi manajemen puncak, pendidikan Indonesia masih kurang membekali SDM siap kerja. Bagaimana membangun dan memelihara manajemen talenta, bagaimana talenta PTBBN efektif merupakan tantangan besar yang harus dihadapi dan dikelola dengan baik. Menciptakan sejumlah pegawai PTBBN yang memiliki energi bergerak kearah yang sama dan menjadi energi pembentuk organisasi yang sejalan dengan visi misi PTBBN.

PTBBN menyelenggarakan rangkaian kegiatan manajemen talenta salah satunya adalah kegiatan Konseling Individual dalam Organisasi (KIDO) bekerjasama dengan Animous Consulting. Kegiatan ini diselenggarakan selama 6 hari yaitu tanggal 14,15,16,21,22,23 September 2020.

Berdasarkan Hasil Tes Tulis dan Wawancara calon Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir yang telah dilaksanakan pada tanggal 28-29 September 2020, dengan ini diumumkan peserta yang lulus Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional (PPNPN PTBBN BATAN) Tahun 2020 dapat dilihat pada link berikut Hasil Seleksi PPNPN

Selamat kepada para peserta yang telah lulus seleksi PPNPN PTBBN BATAN Tahun 2020 dan Selamat Bergabung di Keluarga Besar Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional.

(Tangerang Selatan, 28/09/2020) Menindaklanjuti kegiatan Seminar Mapping Laju Dosis Radiasi dan Keselamatan Penerbangan, serta Material Struktur Tahan Radiasi dan Panas Tinggi yang telah dilaksanakan oleh Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (PTBBN - BATAN) pada tanggal 12 November 2019 bertempat diruang Uranium gedung 20 PTBBN -BATAN dan iikuti oleh peserta yang terdiri dari para ilmuwan BATAN, LAPAN, PT. Dirgantara Indonesia dan TNI Angkatan Udara. Kepala PTBBN-BATAN Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PTBBN-BATAN dengan Pusat Sains Antariksa -Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pussainsa - LAPAN) tentang  Penelitian Radiasi Pada Penerbangan Sipil di Lintang Rendah.