WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 19/03/2021) Laboratorium Uji dan Kalibrasi Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) merupakan salah satu laboratorium di BATAN yang telah terakreditasi ISO/IEC 17025. Hal ini dibuktikan dengan telah diperolehnya sertifikat akreditasi ISO/IEC 17025 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN), hal tersebut menunjukkan bahwa sistem manajemen mutu laboratorium uji dan kalibrasi PTBBN memiliki kemampuan dalam pemenuhan persyaratan kompetensi Laboratorium Pengujian dan Kalibrasi sesuai ISO/IEC 17025:2017.

Dalam mempertahankan akreditasi ISO/IEC 17025 ini, salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh laboratorium PTBBN adalah laboratorium harus mampu menyediakan sumber daya manusia yang kompeten. Oleh karena itu dalam rangka peningkatan mutu kompetensi SDM laboratorium uji dan kalibrasi, PTBBN menyelenggarakan “Pelatihan Penyegaran Pemahaman ISO/IEC 17025:2017" yang dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Maret 2021 melalui aplikasi zoom dengan narasumber Prof. Jimmy Pusaka , beliau telah dikenal sebagai konsultan ISO/IEC 17025, beliau merupakan Asesor KAN untuk laboratorium kalibrasi dan beliau adalah Purnabakti Pusat Penelitian Metrologi LIPI. Pelatihan ini dihadiri oleh 82 peserta yang terdiri dari Direktur, Manajer, Deputi Manjer, Pengawas dan Pengendali Mutu, Penyelia, Teknisi dan Auditor Internal.

(Tangerang Selatan, 10/03/2021) Urania Jurnal Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir yang sudah berdiri semenjak tahun 1995, dengan terbitan pertamanya dimulai berupa edisi cetak hingga saat ini menjadi edisi elektronik.  Mengikuti perkembangan jurnal elektronik di Indonesia yang begitu pesat, pengelolaan Urania Jurnal Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir sudah menggunakan sistem manajemen pengelolaan jurnal secara elektronik Open Journal System (OJS) yang dimulai pada tahun 2016.  Perubahan ini perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas baik dari tata kelola jurnal yang sesuai dengan standar pengelolaan jurnal secara elektronik dan naskah artikel yang diterbitkannya. Kebutuhan jurnal nasional saat ini sangat besar untuk mewadahi mahasiswa, dosen, peneliti dan praktisi yang bergelut dibidang tertentu. Urania Jurnal Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir merupakan jurnal yang dibangun sebagai wadah bagi naskah artikel dengan tema daur bahan bakar nuklir.

Dalam rangka regenerasi pengelola Urania Jurnal Ilmiah Daur Bahan Bakar Nuklir, Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir menyelenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal Melalui Sistem OJS. Acara ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 9-10 Maret 2021 melalui aplikasi zoom dengan dihadiri oleh peserta yang terdiri dari staf muda calon pengelola jurnal yang berasal dari bidang/unit di PTBBN, selain itu acara ini dihadiri pula oleh tim editor jurnal Urania dan tim editor majalah ilmiah PIN.

(Tangerang Selatan, 03/03/2020) Dalam Rangka memperingati bulan K3, Satgas K3 Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) mengadakan acara Workshop Pembuatan HIRADC (Hazard Identification Risk Assesment Determination Control) dan MSDS (Material Safety Data Sheet) yang berlangsung secara daring melalui zoom meeting selama dua hari mulai tanggal  1 Maret – 2 Maret 2021. PTBBN menghadirkan narasumber yaitu Mugiyono, A.Md dari PTBBN-BATAN sebagai pemateri HIRADC  dan Ibu Zeni Ulma, S.ST, M.Eng dari Politeknik Negeri Jember sebagai pemateri MSDS. Sebanyak 74 peserta hadir dalam acara workshop ini. Agus Sunarto, S.Kom Selaku Koordinator Bidang Keselamatan Kerja dan Akuntansi Bahan Nuklir (BKKABN), dalam sambutannya menyampaikan bahwa MSDS dan HIRADC merupakan komponen penting dalam melakukan pekerjaan dan tak lupa yang paling terpenting dari kedua komponen tersebut adalah implementasinya.

 (Tangerang Selatan, 11/02/2021) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) menunjukkan komitmennya dalam membangun zona integritas dan pelaksanaan reformasi birokrasi yaitu dengan menyelenggarakan Kegiatan Internalisasi dan Deklarasi Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir. Acara ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 11 Februari 2021 secara daring melalui zoom meeting dan ditayangkan secara live streaming di youtube PTBBN.

Plt. Kepala PTBBN, Ir. Soepardjo, MT, dalam sambutannya menyampaikan, “penataan sistem penyelenggaraan organisasi yang baik dan dengan niat yang tulus dimulai dari pimpinan dan jajarannya, Insya Allah pembangunan zona integritas di PTBBN akan terwujud dalam rangka pelaksanaan Reformasi Birokrasi di BATAN,” ujarnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Deputi Kepala BATAN Bidang TEN, Ir. Suryantoro, MT. Suryantoro menyambut gembira karena di awal tahun PTBBN telah menyelenggarakan internalisasi dan deklarasi PZI.

Acara ini dibuka oleh Kepala BATAN, Prof. Dr. Anhar Riza Antariksawan. Di sela-sela pembukaan, Anhar memberikan semangat menghadapi tantangan-tantangan baru dalam mewujudkan reformasi birokrasi yang baik. “Tujuan hakiki dari reformasi birokrasi ini adalah merubah budaya kerja dari yang tidak melayani menjadi melayani, dari yang kurang terbuka menjadi terbuka, dari yang kaku menjadi adaptif,” kata Anhar. Lebih lanjut Anhar mengatakan, “budaya kerja harus dicerminkan dan dibuktikan dengan perilaku atau attitude kita sehari-hari, dan acara ini menunjukkan komitmen kita bersama dalam pelaksanaan reformasi birokrasi,” lanjut Anhar.

(Tangerang Selatan, 03/02/2021) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) merupakan instansi yang memiliki misi meningkatkan kualitas pengelolaan Reformasi Birokrasi (RB) di semua unit kerja dari instansi pemerintah di seluruh Indonesia. PTBBN sebagai instansi pemerintah yang turut mendukung peningkatan kinerja dalam menjalankan pelayanan publik yang maksimal serta memiliki integritas dan akuntabilitas yang tinggi dari setiap kegiatan yang dilaksanakan sehingga akan tercipta sesuai dengan predikat yang diharapkan yaitu Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Untuk mewujudkannya, Tim RB-PZI PTBBN melakukan penyusunan program yang sesuai dengan tugas dan fungsi PTBBN yang dilaksanakan pada Rabu, 3 Februari 2021.