WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan 17 Juli 2019) Dalam rangka memasyarakatkan IPTEK Nuklir,  Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) menerima kunjungan Mahasiswa Institut Teknologi Indonesia (ITI) Jurusan Elektro sebanyak 24 orang diterima oleh pemandu PTBBN,  Maman Kartaman A, MT dan Fajar Al Afghani, ST.  Sebelum memasuki Laboratorium Instalasi Radiometalurgi pengunjung dijelaskan terlebih dahulu induksi keselamatan singkat serta larangan untuk membawa kamera ataupun handphone kedalam laboratorium.

Mahasiswa ITI mengunjungi Instalasi Radiometalurgi (IRM) PTBBN, laboratorium pengujian pra dan pasca iradiasi. Hotcell yang merupakan fasilitas uji pasca iradiasi Elemen Bahan Bakar Nuklir (EBN), dan bahan struktur untuk reaktor. Fasilitas IRM digunakan untuk melakukan pengujian material nuklir maupun non nuklir pada proses pembuatan bahan bakar nuklir maupun setelah penggunaan bahan bakar nuklir di reaktor, serta untuk mengetahui cara kerja bahan bakar nuklir. Selain itu fasilitas IRM dapat digunakan untuk pengujian material non nuklir, untuk mengetahui kandungan unsur baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Kegiatan yang dilakukan di IRM Hotcell ruang 101 sampai 103 meliputi uji pasca iradiasi yang  diperlukan untuk mengetahui karateristik dan unjuk kerja bahan bakar yang telah digunakan (teriradiasi) di dalam reaktor nuklir. hasil uji tersebut digunakan sebagai acuan untuk menjamin kualitas produk Elemen Bakar Nuklir (EBN) sesuai persyaratan. IRM juga difungsikan untuk mendapatkan data PIE (Post Iirradiation Examination) dari uji pasca, uji iradiasi pelat elemen bakar (PEB) yang merupakan persyaratan utama bahan bakar nuklir agar dapat digunakan di reaktor, sebagaimana yang dipersyaratkan oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), lalu penungjung diantar ke Hotcell 104 sampai 107 untuk mengetahui pekerjaan Uji Metalografi dijelaskan, Hotcell 108 dan 109 yang merupakan ruang laboratorium kimia untuk pekerjaan uji pasca iradiasi dan di Hotcell 137 dan 133 laboratorium untuk uji Pra Iradiasi, di Hotcell 112 pengunjung dapat langsung praktek menggunakan tangan manipulator yang merupakan tangan robot untuk mengerjaan preparasi SEM dan TEM. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan pemandu dalam menambah wawasan tentang Hotcell yang dimiliki oleh BATAN yang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.