WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan 19 Juli 2019) Dalam rangka memasyarakatkan iptek nuklir,  Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) menerima kunjungan Fellowship for Radiation Protection Officer Training dari Libya sebanyak 2 orang, diterima oleh pemandu PTBBN yaitu  Helmi Fauzi R, S.ST, Maman Kartaman A, MT, Mu'nisatun Sholikhah, S.ST, dan Putra Oktavianto, A.Md.

Sebelum memasuki Laboratorium Instalasi Radiometalurgi (IRM) pengunjung mengikuti penjelasan tentang proses bisnis yang ada di dua instalasi PTBBN bertempat di ruang rapat lantai II gedung 20 IRM-PTBBN. Helmi Fauzi R, S.ST, Maman Kartaman A, MT menjelasakan tentang IRM dan Mu'nisatun Sholikhah, S.ST, Putra Oktavianto menjelaskan tentang kegiatan yang ada di laboratorium Instalasi Elemen Bakar Eksperimental (IEBE).

Peserta kunjungan mengunjungi IRM PTBBN, IRM memiliki fasilitas laboratorium pengujian pra dan pasca iradiasi. Hotcell merupakan fasilitas uji pasca iradiasi Elemen Bahan Bakar Nuklir (EBN), dan bahan struktur untuk reaktor. Fasilitas IRM digunakan untuk melakukan pengujian material nuklir maupun non nuklir pada proses pembuatan bahan bakar nuklir maupun setelah penggunaan bahan bakar nuklir di reaktor, serta untuk mengetahui cara kerja bahan bakar nuklir. Selain itu fasilitas IRM dapat digunakan untuk pengujian material non nuklir, untuk mengetahui kandungan unsur baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Fasilitas IRM yang dimiliki Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) adalah satu-satunya di Asia Tenggara.  Kegiatan di Hotcell ruang  101 sampai 103 meliputi uji pasca iradiasi yang  diperlukan untuk mengetahui karateristik dan unjuk kerja bahan bakar yang telah digunakan (teriradiasi) di dalam reaktor nuklir, Hotcell 104 sampai 107 untuk mengetahui pekerjaan Uji Metalografi dan terakhir pengunjung diantar ke Hotcell 108 dan 109 yang merupakan ruang laboratorium kimia untuk pekerjaan uji pasca iradiasi dan di Hotcell 137 dan 133 laboratorium untuk uji Pra Iradiasi, di Hotcell 112 pengunjung dapat mencoba menggunakan tangan manipulator yang merupakan tangan robot untuk mengerjaan preparasi alat SEM dan TEM.