WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 19 Juli 2019) Sebagai upaya untuk mengatasi  knowledge gap antara pakar senior dengan generasi mudanya sebagai akibat dari zero growth policy, dan untuk mencegah terjadinya knowledge loss maka dibentuklah Manajemen Pengetahuan Nuklir (MPN) di BATAN. Bentuk dari kegiatan MPN adalah knowledge sharing dan knowledge capturing dibidang iptek nuklir. Salah satu implementasi dari knowledge sharing dan knowledge capturing yaitu dengan dibentuknya Community of Practice (CoP).

CoP merupakan komunitas yang memiliki tujuan memberikan panduan sehingga sharing knowledge berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan. Setidaknya ada tiga karakteristik yang dimilki oleh CoP yaitu adanya domain (materi pembahasan), adanya komunitas, dan adanya praktek.

Dalam mendukung terwujudnya MPN di BATAN, maka pada tanggal 19 Juli 2019 PTBBN membentuk Community of Practice XRD PTBBN, bertempat di ruang rapat gedung 65 PTBBN. Menurut Arief Sasongko Adhi selaku Koordinator CoP XRD PTBBN, fungsi CoP bagi para anggotanya yaitu agar dapat bertukar informasi dalam hal saling mendidik, saling mendukung, saling menjaga keberlangsungan ilmu pengetahuan, mendorong untuk meningkatkan pengetahuan dan mengintegrasikan pengetahuan yang sudah diperoleh. Direncanakan pertemuan CoP XRD ini akan dilakukan tiap akhir pekan, dan diakhir tahun akan diadakan coaching bekerjasama dengan Pusdiklat BATAN.

“Saat ini di BATAN baru ada tiga satuan kerja yang memilki alat XRD yaitu PSTNT, PTBBN, dan PSTBM. Alat XRD yang dimiliki oleh PTBBN terawat dengan baik, mudah-mudahan kegiatan CoP XRD dapat berjalan lancar sampai dengan akhir tahun,” ujar Ratih Langenati selaku Kepala Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir-PTBBN.

Sementara itu menurut Agus Sumaryanto selaku Kepala PTBBN, CoP di BATAN belum banyak, bagaimana kita bisa memunculkan kegiatan CoP ini ke dunia website, sehingga untuk itu diperlukan adanya personil tersendiri yang khusus mengoperasikan kegiatan CoP melalui website, dan berharap CoP PTBBN memiliki ciri khas agar nantinya CoP PTBBN ini bisa go internasional. (Sar)