WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 30/07/2019) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir - Badan Tenaga Nuklir Nasional (PTBBN-BATAN) menyambut kehadiran tamu dari Mahasiswa Universitas Pancasila Program Studi Magister Teknik  dalam rangka kunjungan studi Selasa, 30 Juli 2019. Kunjungan dihadiri 11 mahasiswa dan 4 dosen pendamping diantaranya Dr. Ismail, MT, ST dan Dr. Ir. As Natio Lasman.

Maman Kartaman, MT sebagai Petugas Layanan Informasi (PLI) PTBBN BATAN, menyambut kunjungan tersebut. Pada pertemuan yang berlangsung siang hari tersebut memaparkan tentang awal mulanya PTBBN, yang mana mempunyai tiga gedung terdiri dari IEBE, IPEBRR, dan IRM. Gedung IPEBRR sekarang telah menjadi milik PT. INUKI. 

Peserta kunjungan mengunjungi IRM PTBBN, instalasi yang memiliki fasilitas laboratorium pengujian pra dan pasca iradiasi berupa Hotcell yang merupakan fasilitas uji pasca iradiasi Elemen Bahan Bakar Nuklir (EBN), dan bahan struktur untuk reaktor. Fasilitas IRM digunakan untuk melakukan pengujian material nuklir maupun non nuklir pada proses pembuatan bahan bakar nuklir maupun setelah penggunaan bahan bakar nuklir di reaktor, serta untuk mengetahui cara kerja bahan bakar nuklir. Selain itu fasilitas IRM dapat digunakan untuk pengujian material non nuklir, untuk mengetahui kandungan unsur baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Fasilitas IRM yang dimiliki Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) adalah satu-satunya di Asia Tenggara.  PLI mengantar pengunjung untuk menjelaskan Kegiatan di Hotcell 101 sampai 103 meliputi uji pasca iradiasi yang  diperlukan untuk mengetahui karateristik dan unjuk kerja bahan bakar yang telah digunakan (teriradiasi) di dalam reaktor nuklir, sedangkan Hotcell 104 sampai 107 untuk mengetahui pekerjaan Uji Metalografi dan Hotcell 108 dan 109 yang merupakan ruang laboratorium kimia untuk pekerjaan uji pasca iradiasi dan di Hotcell 137 dan 133 laboratorium untuk uji Pra Iradiasi. (Rachma)