WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selata, 06/08/2019) Dalam rangka memasyarakatkan iptek nuklir,  Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) menerima kunjungan dari Ikatan Alumni Tambang UPN “Veteran” Yogyakarta sebanyak 11 orang diterima oleh pemandu PTBBN,  Fajar Al Afghani, Helmi Fauzi R, Maman Kartaman, dan Rachmawati L.  Pemandu memberikan ucapkan selamat datang kepada para pengunjung dan mengantarkan ke ruang rapat lantai dua untuk mendengarkan paparan yang disampaikan oleh PLI tentang proses bisnis yang ada di PTBBN.

 Kepala PTBBN,  Agus Sumaryanto yang merupakan anggota alumni tambang UPN “Yogyakarta” mengatakan bahwa di Indonesia terdapat 3 reaktor yaitu  Reaktor TRIGA Mark II yang berada di Bandung, Reaktor Kartini Yogyakarta, dan Reaktor serbaguna  GA Siwabessy yang berada di Serpong.  Untuk pasokan bahan bakar reaktor pembuatannya dilakukan oleh PT. INUKI. karena PTBBN lembaga litbang tidak diizinkan untuk memproduksi bahan bakar maka produksinya dipegang oleh PT. INUKI yang mana bekerjasama dengan  PTBBN dalam hal keahlian dan SDM.  PTBBN mempunyai dua instalasi yaitu gedung 65 untuk pembuatan bahan bakar, dan gedung 20 untuk pengujian bahan bakar.

 Para alumni mengunjungi laboratorium Hotcell yang merupakan instalasi yang memiliki fasilitas laboratorium pengujian pra dan pasca iradiasi. Fasilitas IRM digunakan untuk melakukan pengujian material nuklir maupun non nuklir pada proses pra dan pasaca iradiasi. Fasilitas IRM yang dimiliki Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) adalah satu-satunya di Asia Tenggara.  Kegiatan di  Hotcell dijelaskan oleh Bapak Helmi Fauzi, S.ST, ruang  101 sampai 103 meliputi uji pasca iradiasi yang  diperlukan untuk mengetahui karateristik dan unjuk kerja bahan bakar yang telah digunakan (teriradiasi) di dalam reaktor nuklir. Untuk Ruang 101 merupakan tempat untuk menerima bundel bahan bakar reaktor dari reaktor dengan menggunakan kanal untuk proses transfer. Ruang 102 merupakan ruang untuk pembongkaran bahan bakar, dan Ruang 103 untuk uji tak merusak bahan bakar. Maman Kartaman A, MT menjelaskan Ruang 104 sampai 107 untuk mengetahui pekerjaan Uji Metalografi dan terakhir pengunjung diantar ke Hotcell 108 dan 109 yang merupakan ruang laboratorium fisika dan kimia untuk pekerjaan uji pasca iradiasi berada di Hotcell 110 dan 111. Laboratorium untuk uji Pra Iradiasi terdapat di ruang 112.