WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 02/09/2019)   Tim Forensik Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) yang merupakan salah satu tugas PTBBN berdasarkan Perka BATAN Nomor 21 tahun 2014, untuk meningkatkan pengetahuan SDM tentang spektroskopi alpha dalam kegiatan forensik nuklir, PTBBN mengadakan workshop "Spektroskopi Alpha untuk Penentuan Isotop Pemancar Alpha dalam Forensik Nuklir” yang dilaksanakan pada tanggal 02-03 September 2019 bertempat di gedung 20 Instalasi Radiometalurgi (IRM). Sasaran dari kegiatan ini adalah beberapa anggota tim Nuklir Forensik PTBBN tahun 2019 dan pegawai dari beberapa bidang di PTBBN yang terkait. Peningkatan kemampuan SDM PTBBN dalam bidang nuklir forensik perlu diperhatikan guna meningkatkan kinerja dan kualitas output dari kegiatan nuklir forensik.

Metode spektroskopi alpha mempunyai banyak kegunaan dalam forensik nuklir, antara lain untuk analisis isotop pemancar alpha, penentuan umur bahan nuklir, dll.  Tema workshop ini diangkat untuk meningkatkan pemahaman personil forensik nuklir mengenai konsep dasar spektroskopi alpha beserta pengoperasian, perawatan, dan trouble shooting mengenai instrumentasi spektrometer alpha dual saluran.

Dalam sambutannya Kepala PTBBN, Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M mengatakan bahwa  ilmu nuklir forensik kedepan ada di Indonesia. Apabila orang yang ingin belajar mengenai nuklir forensik itu ada di tempat kita. 

Paparan disampaikan oleh Dr. Heny Suseno, S.Si., M.Si., Peneliti Utama, Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi – Badan Tenaga Nuklir Nasional dengan materi konsep dasar spektrometer alpha, setting instrumen, dan pemisahan kimia. Beliau mengatakan bahwa konsep dasar alpha spektrometer dan pemisahan radiokimia, alpha spektrometer sangat mudah bagian yang terpenting adalah teknik pemisahan radioaktifitas. Narasumber pada hari kedua yaitu Arif Eri Nugroho, PT Cepat Tumbuh Lestari dengan materi pengoperasian, perawatan dan trouble shooting spektrometer alpha dual saluran (Alpha Duo - ORTEC).