WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Serpong, 11/9/2019). Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (TEN) - Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Suryantoro mengajak masyarakat untuk ikut menggunakan fasilitas laboratorium yang ada di Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN)-BATAN. “Fasilitas yang dimiliki oleh PTBBN bukan hanya digunakan oleh BATAN saja, melainkan masyarakat juga dapat memanfaatkannya,” demikian disampaikan Suryantoro saat membuka kegiatan temu pelanggan yang digelar di Gedung Technology Business Incubation Center (TBIC), Zona Bisnis Teknologi Kawasan Puspiptek, Tangerang Selatan, Rabu (11/09).

Suryantoro menerangkan, PTBBN adalah salah satu unit kerja di BATAN yang mempunyai tugas penelitian dan pengembangan  terkait bahan bakar nuklir. Untuk melaksanakan tugas tersebut PTBBN dilengkapi dengan fasilitas  laboratorium yang canggih dan unggul di tingkat regional. Fasilitas tersebut pengadaannya dibiayai oleh pemerintah melalui anggaran dari uang rakyat, maka harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Selain digunakan untuk penelitian BATAN, jelas Suryantoro, fasilitas tersebut juga  digunakan untuk melayani kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat industri, Perguruan Tinggi maupun lembaga lainnya. “Hal ini merupakan perwujudan dari kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi birokrasi, dimana salah satunya adalah agar instansi pemerintah menjadi birokrasi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima,” jelasnya

“Melalui temu pelanggan ini BATAN berupaya meningkatkan kerja sama dengan para pengguna fasilitas nuklirnya, baik dalam layanan lab uji maupun layanan kalibrasi agar bisa memberikan pelayanan secara prima, sehingga masyarakat terpuaskan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan, sesuai tema temu pelanggan kali ini yaitu “Sinergitas Litbang, Industri dan Perguruan Tinggi”, BATAN ingin mensinergikan kegiatan litbang yang dilakukan bersama-sama dengan industri, Perguruan Tinggi maupun lembaga lainnya sehingga menghasilkan produk-produk yang berkualitas sesuai kebutuhan BATAN maupun kebutuhan mitranya.  

Senada dengan Suryatoro, Kepala PTBBN Agus Sumaryanto menyampaikan bahwa hanya ada 5 negara di Asia yang memiliki fasilitas litbang bahan bakar nuklir  seperti yang ada di PTBBN BATAN, yaitu Tiongkok, Jepang, Korea, India dan Indonesia. “Fasilitas ini tugas utamanya adalah untuk membuat logam bahan bakar nuklir seperti Uranium Silisida, Uranium Oksida,” katanya.

 “Selain membuat logam untuk bahan bakar nuklir, kita juga bisa membuat bahan logam lainnya yang tentunya diperlukan oleh industri manufaktur,” lanjutnya.

Kemudian terkait fasilitas lain yang digunakan untuk uji dan kalibrasi bahan bakar nuklir, juga bisa digunakan untuk menguji bahan lainnya seperti  logam, mineral maupun material lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut Agus, penggunaan fasilitas fabrikan serta laboratorium uji dan kalibrasi di PTBBN-BATAN oleh masyarakat luas ini, selain akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat juga memberikan keuntungan bagi BATAN. “SDM pelaksana di BATAN akan terjaga kompetensinya dan semakin meningkat kemampuannya,” katanya.

Hal ini selaras dengan semangat Nuclear Knowledge Management  yang diterapkan di BATAN, sehingga pengetahuan pembuatan logam maupun pelaksanaan uji dan kalibrasi, khususnya yang terkait dengan nuklir tidak akan hilang. “Fasilitas kita cukup lengkap, kita optimalkan penggunaannya, memberdayakan sekaligus mempertahankan dan mengasah kompetensi SDM yang dimiliki BATAN, khususnya PTBBN,” lanjut Agus.

Melalui kegiatan temu pelanggan ini, Agus berharap diperoleh informasi kebutuhan industri sebagai masukan bagi lembaga litbang dan perguruan tinggi dalam menetapkan prioritas arah litbang untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat secara luas. Selain itu, dalam kesempatan ini PTBBN juga meluncurkan aplikasi layanan online yang diberi nama e-lubika untuk lebih memudahkan para pelanggannya dalam mendapatkan layanan uji dan kalibrasi.  

"Untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pelanggan, pada kesempatan kali ini di-launching aplikasi e-lubika dan membuka kios pelayanan di luar pagar kuning sehingga pelanggan merasa lebih nyaman dan diharapkan akan semakin banyak pengguna fasilitas PTBBN untuk memenuhi kebutuhannya," pungkasnya.

Kegiatan temu pelanggan yang dihadiri oleh sekitar 50 undangan dari industri, perguruan tinggi dan instansi litbang lainnya ini diakhiri dengan kunjungan ke fasiltas laboratorium uji dan kalibrasi PTBBN-BATAN di Kawasan Nuklir Serpong, Tangerang Selatan. (my)