WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Serpong, 9/9/2019) BATAN berupaya melakukan penguatan organisasi dengan melakukan kegiatan yang dikemas dalam bentuk tour of duty. Kegiatan ini merupakan momentum dalam penciptaan kader pegawai untuk meningkatkan performance result (kinerja hasil) pada pegawai barunya. Berdasarkan hal tersebut BATAN melalui Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (BSDMO) sebagai satmingkal SDM mengadakan kegiatan tersebut yang berlangsung pada tanggal 09 - 20 September 2019 diseluruh satuan kerja dilingkungan BATAN. Adapun pesertanya adalah Calon Pegawai Negeri Sipil BATAN Tahun Anggaran 2018 berjumlah 174 orang. Pada kegiatan tersebut peserta mengikuti paparan mengenai tugas pokok dan kegiatan yang dilakukan di PTBBN disemua bidang dan unit kerja PTBBN. Adapun narasumbernya adalah pegawai yang ditunjuk oleh Kepala Bidang untuk menyampaikan proses bisnis yang ada di bidang masing-masing.

Tour of duty yang dilaksanakan di Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir dibuka oleh Kepala PTBBN. Dalam sambutannya Agus Sumaryanto mengatakan bahwa PTBBN memiliki kegiatan utama yaitu fabrikasi bahan bakar nuklir. Salah satu fasilitas di BATAN yang memiliki posisi strategis adalah PTBBN karena kalau tidak ada PTBBN maka tidak akan ada produk bahan bakar sehingga tidak bisa mengisi reaktor, sedangkan BATAN identik dengan reaktor.

“Silahkan dimanfaatkan lebih detail kalau ada yang mau belajar disini silahkan, saya dengan senang hati menerima kehadiran kalian semua, silahkan digali ilmu yang ada disini dan jika nanti ada yang mau lebih konsentrasi dengan fasilitas yang ada disini, kami persilahkan. Fasilitas pengujian yang ada di PTBBN ini hanya ada 5 di Asia yaitu Cina, India, Korea, Jepang, dan Indonesia. Manfaatkan betul buat kedepan dan ini adalah asset yg sangat langka. Mudah-mudahan tahun depan bahan bakar yang sudah di manfaatkan di reaktor itu bisa kita uji pasca iradiasi lengkap dengan sertifikasinya, jika memungkinkan kita bisa eksport bekerjasama dengan PT. INUKI. Kalau saya optimis, berarti kalian silahkan lebih optimis lagi, tahun depan kita akan mengembangkan bahan bakar yang lebih besar lagi densitasnya, tentunya akan lebih efisien, dan penggunaannya juga lebih lama. Yg perlu ditanamkan adalah bahwa kita sudah siap baik uraniumnya maupun sumber daya manusianya,” ujar Kepala PTBBN.

Peserta mengunjungi Laboratorium di gedung 20 dan gedung 65 yang dimiliki oleh PTBBN. Fasilitas IRM digunakan untuk melakukan pengujian material nuklir maupun non nuklir pada proses pembuatan bahan bakar nuklir maupun setelah penggunaan bahan bakar nuklir di reaktor, serta untuk mengetahui cara kerja bahan bakar nuklir dan untuk mengetahui kandungan unsur baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Para peserta diperkenalkan pada Hotcell di Fasilitas IRM yang dimiliki Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) adalah satu-satunya di Asia Tenggara.  Peserta melanjutkan kunjungannya ke Gedung 65 yang merupakan fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental, Fasilitas PCP (Pilot Conversion Plant)- HR 36, Fasilitas Fabrikasi HR-08. Di sela-sela kunjungan pengunjung langsung berdiskusi dengan para pemandu tentang kegiatan yang dilakukan di fasilitas IEB maupun IRM. 

Dalam kegiatan ini diharapkan para peserta dapat menimba ilmu dari narasumber dan diharapkan untuk bersemangat dan disiplin dalam melaksanakan tugasnya di BATAN.