WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 16/09/2019) Satuan Tugas Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (Satgas K3 PTBBN) mengadakan Kunjungan dan Sharing Pengalaman Implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di PT DAHANA (Persero) dan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Agustus 2019 bertempat di PT DAHANA. Kunjungan ini diikuti oleh seluruh personil satgas K3 meliputi perwakilan bidang/bagian/unit yang ada di PTBBN.

Tujuan dari ini adalah untuk melihat secara global budaya K3 di PT DAHANA dan mengeksplorasi faktor yang memengaruhi produktivitas pekerja diantaranya ergonomi lingkungan kerja, target yang harus dipenuhi pekerja dan reward yang diberikan perusahaan.

Kunjungan ini di dampingi oleh Pihak PT DAHANA dengan rangkaian kegiatan workshop ini meliputi Persentasi dari Bagus Teguh Eko Sebagai Senior Manager Produksi dan Pendukung PT DAHANA, Ismail Kurbani Sebagai Pengembangan Pendukung dan Sistem PT DAHANA, Dani sebagai HSE PT DAHANA, Ika sebagai HSE PT DAHANA, Agus Sunarto sebagai Ka. BKKABN PTBBN, dan Mugiyono sebagai Kasub. KKPR PTBBN. Setelah dilakukan presentasi, kemudian dilanjutkan kunjungan ke PT DAHANA.

PT DAHANA merupakan Badana Usaha Milik Negara (BUMN) yang bekerja di energetic material (bahan berenergi tinggi). PT DAHANA berdiri sejak tahun 1966 dan terletak di Subang dengan luas sekitar 600 Ha (terdiri dari 146,2 Ha Ring1; Total Area 585,4 Ha; Kampus 2,48 Ha; dan Jalan 12,9 km). Korps bisnis PT DAHANA yaitu dalam hal bahan peledak komersial, akan tetapi sejak tahun 2015, korps bisnis juga sebagai bahan peledak militer. PT DAHANA telah menjalin kerjasama dengan PTDI, Pindad, LAPAN dan KEMENHUMKAM. Motto yang dimiliki oleh PT DAHANA yaitu Serving the Nation Better disampaikan oleh Bapak Teguh Eko Sebagai Senior Manager Produksi dan Pendukung PT DAHANA.

Kunjungan ke PT DAHANA dilakukan ke Cartridged Solution untuk peledakan terowongan, Laboratorium untuk Analisa hasil dan raw material, Tempat Pembuangan Sementara, Gudang Bahan Pembantu terdiri dari 11 Gedung termasuk diantaranya Gudang Penyimpanan Detonator, Pabrik Nitrogliserin, Laboratorium Terpadu kerjasama dengan KEMENHUNKAM, Pabrik Buster ( Nitration Facility), Filling Bomb Plant, Fuze Bomb Plant, Pabrik Detonator dengan produksi 3 juta pieces/tahun dan Gudang A dan B untuk penyimpanan bahan peledak dari konsumen gas.

Tindak lanjut kunjungan diharapkan Sistem Manajemen K3 terutama best practice yang terlaksana dapat dijadikan referensi dan diimplementasikan dalam prpgram K3 di PTBBN. (NAA)