WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 02/10/2019) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) meyelenggarakan Workshop Penulisan dan Publikasi KTI pada tanggal 02 Oktober 2019 bertempat di ruang rapat Uranium  lantai II Gedung 20 Instalasi Radiometalurgi (IRM). PTBBN  merupakan salah satu unit kerja di Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) di bawah Deputi Bidang Teknologi Energi Nuklir (TEN) yang mempunyai tugas melaksanakan perumusan  dan  pengendalian  kebijakan  teknis,   pelaksanaan,  dan  pembinaan   dan bimbingan  di  bidang  penelitian.  Selain itu mempunyai tugas utama di bidang pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir dan teknik uji radimetalurgi.  PTBBN memiliki visi kedepan unggul dan terdepan dalam litbangyasa teknologi bahan bakar nuklir di tingkat regional.

Untuk mewujudkan PTBBN unggul di tingkat regional diperlukan kegiatan yang mendukung ke arah tersebut antara lain yaitu meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi internasional dalam bentuk karya tulis ilmiah (KTI). Dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu penelitian ilmiah yang dipublikasikan secara nasional dan internasional oleh peneliti  PTBBN sehingga diperlukan peningkatan pengetahuan dan kemampuan penulisan artikel untuk publikasi tingkat nasional dan internasional melalui sistem pelatihan yang terstruktur dan teratur berkesinambungan. Tujuan Pelatihan yaitu Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan pemahaman pegawai Batan dalam menuangkan hasil penelitian maupun kajian dalam bentuk karya tulis ilmiah untuk publikasi nasional dan internasional sesuai dengan kaidah dan prosedur yang diakui secara nasional maupun internasional serta meningkatkan motivasi untuk mengimplementasikannya, dan dapat mengaktualisasikan hasil kegiatan penelitian dalam bentuk penulisan KTI. Selain itu, pelaksanaan workshop ini diharapkan akan menghasilkan dan meningkatkan jumlah paper yang dapat disubmit ke berbagai jurnal ilmiah internasional.

Dalam sambutannya Ketua Penyelenggara Ir. M. Husna Al Hasa, MT mengharapankan kepada seluruh peserta dapat menyerap ilmu yang dipaparkan oleh narasumber, sehingga kita dapat menerapkannya dalam pembuatan KTI bertaraf nasional maupun internasional.

Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M selaku Kepala PTBBN dalam arahannya mengatakan bahwa Workshop ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan SDM dalam hal penulisan makalah untuk dipublikasikan di lingkup nasional maupun internasional, sehingga apa yang telah kita targetkan dalam publikasi tercapai.

Prof. Drs. Surian Pinem, M.Si sebagai narasumber dalam workshop ini menyampaikan bahwa penulisan makalah yang sangat penting dalam pembuatan abstraknya yang memuat gambaran yang jelas antara isi yang akan disampaikan maupun metodologi dan kata kunci dalam sebuah tuliaswn KTI. Judul sebaiknya memuat kata kunci dan tidak terlalu panjang. Beliau juga mengatakan bahwa dalam penulisan jangan mencantumkan nama orang yang tidak terlibat di dalam penelitian, cukup memberikan ucapkan terimakasih  kepada orang tersebut.

Dalam paparan kedua disampaikan oleh Drs. Budi Prasetyo, MT tentang E-Resources, beliau mengatakan SDM elektronik banyak bermanfaat untuk menulisan KTI ilmiah.  E-Resources digunakan untuk mendukung pada awal proses dalam mencari tema, topik, reference dan lain-lain. Dalam pembuatan KTI sangat diperlukan sumber daya dalam mencari literature dan mencari konteknya yang tepat untuk tulisan yang akan dibuat. Dengan E-Resources bisa melakukan litbang sira.

Kegiatan workshop ini diikuti oleh para pejabat fungsional tingkat muda, madya dan utama di lingkungan PTBBN.