WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 10/10/2019). Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan verifikasi perizinan dalam rangka proses perpanjangan izin operasi Instalasi Radiometalurgi (IRM) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir - BATAN. IRM sebagai laboratorium paska iradiasi yang merupakan salah satu Instalasi Nuklir Non Reaktor (INNR) yang dimiliki BATAN wajib memiliki izin operasi dari BAPETEN. Dokumen-dokumen terkait perpanjangan izin operasi IRM telah disampaikan kepada BAPETEN pada tahun 2018. Selanjutnya BAPETEN melakukan verifikasi perizinan yang telah disampaikan oleh PTBBN – BATAN yang berlangsung pada tanggal 9-11 Oktober 2019 di Gedung 20 IRM, PTBBN – BATAN. Kegiatan verifikasi dokumen-dokumen terkait oleh BAPETEN merupakan rangkaian proses disetujuinya perpanjangan izin operasi IRM.

Pegawai dari berbagai bidang di PTBBN berpartisipasi dalam verifikasi dokumen-dokumen perpanjangan izin operasi ini. Pegawai yang dimaksud merupakan stat-staf ahli di masing-masing bidang terkait untuk melakukan pelayanan verifikasi dokumen, diskusi dan pemeriksaan lapangan. Kegiatan verifikasi perizinan diawali dengan penyampaian hasil evaluasi dokumen perizinan oelh BAPETEN. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab serta pemeriksaan lapangan.

Bagian-bagian yang diverifikasi terkait dokumen perizinan antara lain bagian Gedung dan Struktur; bagian Sistem Operasi dan Proses; bagian Sistem Bantu dan Sarana Pendukung; bagian Proteksi Radiasi dan B3; bagian pengelolaan Limbah Radioaktif dan Limbah B3; dan bagian lainnya yang berhubungan dengan pengoperasian instalasi radiometalurgi. Bagian-bagian tersebut diverifikasi secara langsung kepada staf-staf ahli dari bidang terkait, sebagai contoh verifikasi bagian limbah dilakukan oleh BAPETEN dengan pegawai dari subbidang Akuntansi Bahan Nuklir dan Pengelolaan Limbah. Kegiatan verifikasi dokumen perizinan sebagai acuan BAPETEN dalam membuat Laporan Hasil Evaluasi dokumen sebagai keputusan untuk menerbitkan perpanjangan izin operasi Instalasi Radiometalurgi. (msfh, wmy, pdw)