WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 18/10/2019) Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) mengadakan Pelatihan Fabrikasi Elemen Bakar Reaktor Riset Tipe Pelat Bagian III: Perakitan Elemen Bakar dan Pembuatan Komponen Struktur, berlatar belakang pada salah satu tugas Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir PTBBN adalah pengembangan bahan bakar nuklir untuk reaktor riset tipe pelat yang digunakan di Reaktor Serbaguna GA Siwabessy. Saat ini fabrikasi elemen bakar untuk RSG-GAS dilakukan oleh PT. INUKI (Persero), dengan sebagian SDM berasal dari PTBBN. Pelatihan pemagangan ini dilakukan untuk mendukung dan melestarikan pengetahuan fabrikasi bahan bakar reaktor riset tipe pelat secara efektif dan selamat agar pasokan bahan bakar RSG GAS terjamin. Selain itu, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM di unit kerja dalam kegiatan litbang, produksi dan fabrikasi elemen bakar reaktor riset tipe pelat. Serta untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman SDM terhadap litbang teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir dalam mendukung dan memperkuat Renstra PTBBN pada khususnya dan Batan pada umumnya.

Ketua Penyelenggara, Suyoto, S.ST dalam sambutannya mengatakan bahwa pemagangan ini diselenggarakan dari tanggal 18 Oktober sampai dengan 29 November 2019 diikuti oleh 14 orang pegawai  dari PTBBN sebanyak 10 orang,  PSTBM 1 orang, dan PT. INUKI sebanyak 3 orang. Kegiatan ini di laksanakan di gedung 65 Instalasi Elemen Bakar Eksperimental (IEBE) dan praktikum dilaksanakan di gedung 60  Instalasi Produksi Elemen Bakar Reaktor Riset (IPEBRR) PT. INUKI.

Sambutan Kepala Bidang Penyelenggara Pelatihan  Ir. Rinawati Anwar, M.Si menyampaikan bahwa Pelatihan Pemagangan adalah salah satu bentuk peningkatan kompetensi  bagi pegawai BATAN, peningkatan pengetahuan, keterampilan dan attitude. Pelatihan pemagangan lebih menekankan dalam peningkatan keterampilannya pada praktikumnya. Diharapkan para peserta dalam mengikuti pemagangan untuk dapat meningkatkan skillnya. Pemagangan merupakan salah satu bentuk transfer knowledge yang merupakan fasilitas untuk para pegawai yang akan purnabhakti  untuk menularkan ilmunya kepada yuniornya.

Kepala PTBBN, Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M, dalam sambutannya menyampaikan bahwa teknologi bahan bakar nuklir akan menjadi prioritas dalam renstra PTBBN dan BATAN karena energi nuklir masuk dalam RPJMN. Di kedepannya kita sudah harus dapat menciptakan bahan bakar reaktor riset dan reaktor daya sendiri.