WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 29/10/2019) Kegiatan presentasi ilmiah peneliti ini dilaksanakan untuk memenuhi amanah Keputusan MENPAN No. 128 th 2004 Bab VII, Pasal 25 ayat 1 (a) tentang pengangkatan Pejabat Peneliti setingkat Peneliti Madya dan Peneliti Utama dan Keputusan Kepala BATAN No. 174/KA/XII/2008. Didalam SK MENPAN tersebut dinyatakan bahwa bagi pejabat peneliti yang akan dipromosikan untuk naik pangkat ke jenjang Peneliti Madya dan Peneliti Utama harus menyampaikan presentasi ilmiah dihadapan lingkungan peneliti internal BATAN dan di hadapan para penilai ahli.

Bertempat di Ruang Rapat Uranium Gedung 20 Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) Kawasan Puspiptek Serpong, pada hari Selasa tanggal 29 Oktober 2019,  PTBBN bekerjasama  dengan Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) dan Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi (PAIR)  menyelenggarakan  Presentasi Ilmiah Jabatan Peneliti Madya untuk memenuhi syarat kenaikan kejenjang peneliti madya. Adapun para peneliti yang melakukan presentasi adalah Dr. Ratiko, M.T dari PTLR, Wibisono, M.Si dari PAIR, dan Maman Kartaman Ajiriyanto, M.T dari PTBBN. Kegiatan ini dipancarsiarkan  di kantor BATAN Pusat, Jakarta, Serpong, dan Yogyakarta.

Presentasi ilmiah dipimpin oleh ketua dewan penilai didampingi oleh sekretaris dewan penilai dan dihadiri oleh para Pejabat penilai dari TP2 BATAN,  Penilai ahli dari luar BATAN, dan para Pejabat Peneliti dari PTBBN dan di lingkungan Kedeputian TEN dan di lingkungan Serpong.  

Presentasi pertama oleh Dr. Ratiko, M.T mengambil judul penelitian “Analisis dan Desain Sistem Penyimpanan Bahan Bakar Nuklir Bekas Tipe Kering (Dry Storage)”  dengan penilai ahli dari luar BATAN adalah Prof. Dr. Ing. Ir. Nasrudding, M.Eng dari Universitas Indonesia dan Ir. Budi Setiawan, M.Eng dari PTLR. Presentasi kedua yaitu Wibisono, M.Si mengambil judul penelitian “Investigasi Malfungsi Struktur Internal Pada Kolom Gasoline Faksinasi Menggunakan Teknik Gamma Scanning” dengan penilai ahli dari luar BATAN adalah Dr. Sastra Kusuma Wijaya, Ph.d dari Universitas Indonesia dan Dr. Sugiharto, M.T dari PAIR. Presentasi terakhir disampaikan oleh Maman Kartaman Ajiriyanto, M.T dengan mengambil judul “Karakterisasi Struktur Mikro (Interaction Layer) dan Kekerasan PEB U3SI2/Al Densitas 2,96 gU/cm3 Pasca Iradiasi”  dengan penilai ahli Dr. Anawati  dari Universitas Indonesia dan Ir. Supardjo, M.T. dari PTBBN.

Dalam kesempatan Tanya jawab Prof. Dr. Ir. Efrizon Umar, M.T.  selaku Ketua Dewan sidang menyampaikan bahwa presentasi ini merupakan kewajiban para peneliti di BATAN untuk naik jabatan dari peneliti muda ke peneliti madya.

Tanggapan Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M selaku Kepala PTBBN atas presentasi Maman Kartaman Ajiriyanto, M.T. kita harus percaya diri dengan bahan PEB yang sudah kita buat dan dengan fasilitas yang kita miliki. Sehingga kita siap untuk bersaing dalam menghasilkan dampak yang lebih besar.