WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 06/11/2019) Isotop 137Cs mempunyai manfaat yang banyak dibidang industri, khususnya industri pertambangan, radiografi, kedokteran nuklir dan pertanian. Di dalam industri pertambangan, isotop 137Cs aktivitas tinggi digunakan sebagai probe pada alat gamma logging di sekitar batuan atau sedimen pada sistem geophysical logging. Isotop 137Cs aktivitas tinggi digunakan oleh geologist sebagai probe untuk mendeteksi kedalaman sumber minyak pada saat pemboran minyak dan kedalaman batu bara, nikel, emas serta hasil tambang lainnya pada saat pencarian hasil tambang tersebut.

Di bidang industri minyak bumi isotop 137Cs digunakan dalam pengujian kualitas las pada waktu pemasangan pipa minyak/gas serta instalasi kilang minyak. Di dalam teknik radiografi isotop 137Cs digunakan juga pada konstruksi, uji kualitas las dari ketel uap tekanan tinggi serta uji terhadap kekerasan dan keretakan pada konstruksi beton. Selain itu, isotop 137Cs dapat digunakan sebagai bahan perunut untuk mendeteksi ketebalan bahan, mendeteksi kebocoran, kehausan atau kekeroposan pipa tanpa merusak (Non Destructive Test, NDT), sedangkan di dalam industri perikanan isotop 137Cs digunakan sebagai media pengawetan ikan tuna, kepiting dan udang sewaktu dilakukan  pengiriman dalam skala besar di dalam kontainer  ke luar negeri serta dapat membantu petani dan nelayan untuk mengawetkan udang atau bandeng untuk mengembangkan kegiatan usaha kecil menengah (UKM).

Namun bidang litbang maupun pengusaha industri masih melakukan pembelian dan pengadaan probe isotop 137Cs dari luar negeri dengan harga yang cukup mahal. Hal inilah yang mendasari PTBBN mengadakan acara Seminar Aplikasi dan Prospek Pasar Radioisotop 137Cs Dalam Industri yang dilaksanakan pada tanggal 6 November 2019 bertempat diruang Uranium PTBBN-BATAN dan dihadiri oleh peserta yang terdiri dari para ilmuwan BATAN (PTBBN, PTKMR, PRFN, PTRR, PAIR, PTLR, PTBGN), PT. Pratita Prama Nugraha, dan PT.INUKI.

Narasumber dalam acara ini yaitu Drs. Gatot Wurdiyanto, M.Eng peneliti dari PTKMR-BATAN, Suwanto Winarto dan Fakhru Riza dari PT. Pratita Prama Nugraha, dan Ir. Aslina Br. Ginting dari PTBBN-BATAN.

Diharapkan dengan diselenggarakannya acara ini bisa terjalin kerjasama antara lembaga litbang dengan industri dalam rangka menghilirisasi penggunaan hasil litbang PTBBN isotope 137Cs ke bidang industri.