WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Serpong, 09 Februari 2015). Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan-BATAN menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pilot Conversion Plant (PCP) pada 09 hingga 23 Februari 2015, adapun latar belakang Pelatihan ini diadakan adalah  Salah satu fasilitas di IEBE yang ada yaitu Fasilitas Pilot Conversion Plant (PCP) tidak berfungsi selama kurang lebih 20 tahun dan pada saat ini telah dilakukan komisioning dan fasilitas tersebut bisa dioperasikan dan telah berfungsi,

maka untuk para pegawai yang terlibat di fasilitas tersebut perlu menambah wawasan dan pengetahuan tentang pekerjaan yang terdapat dalam kegiatan di IEBE salah satunya fasilitas konversi dimana fasilitas ini mengolah  Yellow Cake menjadi serbuk Uranium Oksida UO2 berderajad nuklir dan selanjutnya serbuk UO2 tersebut menjadi bahan awal untuk difabrikasi menjadi pelet sinter UO2 dan dirakit menjadi elemen bakar nuklir. Agar fasilitas dapat berumur panjang maka kegiatan perawatan harus rutin dilakukan. Peralatan di fasilitas PCP dilengkapi dengan alat-alat instrumentasi yaitu alat kendali, elektrik dan mekanik. SDM yang mempunyai pengetahuan di bidang instrumentasi tersebut terbatas jumlahnya.
Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan jumlah SDM yang mempunyai pengetahuan di bidang instrumentasi serta mengupayakan adanya knowledge transfer maka kegiatan pelatihan ini perlu dilakukan dan Pengoperasian fasilitas PCP merupakan salah satu program kerja PTBBN yangtercantum dalam RENSTRA mengingat fasilitas ini dapat menghasilkan serbuk UO2berderajad nuklir dengan kapasitas produksi 100 kg UO2 per hari sebagai umpan pada proses fabrikasi bahan bakar nuklir reaktor daya. Untuk mendukung keberhasilan program tersebut, maka selain sarana prasarana dan dana yang harus dipenuhi, juga yang paling utama adalah peningkatan pemahaman dan kompetensi SDM mengenai instrumentasi. Melalui pelatihan ini diharapkan SDM yang mengikuti mempunyai pengetahuan dan pemahaman serta pengalaman tentang instrumentasi dan perawatan untuk mendukung pelaksanaan program pengembangan teknologi produksi bahan bakar serta program peningkatan kompetensi SDM dan program knowledge preservation secara berkelanjutan.
Kegiatan fabrikasi dan litbang bahan bakar reaktor daya merupakan salah satu sasaran yang ditetapkan oleh BATAN. Oleh karena itu SDM yang kompeten merupakan aset yang diperlukan dalam rangka pemenuhan sasaran tersebut serta menunjang program knowledge management and preservation. Kegiatan ini diikuti oleh 22 pegawai yangberada di lingkungan PTBBN dan 2 pegawai dari PT. INUKI.  Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Ridwan selaku Kepala Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir .Beliau menyampaikan pesan hendaknya Pelatihan ini dijadikan sarana untuk transfer keahlian dari pegawai yang senior kepada pegawai yunior untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang baru yang bisa bersama-sama mengoperasikan peralatan untuk dapat menghasilkan suatu produk dari proses konversi di Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir ini dan kegiatan ini hendaknya menjadi pekerjaan yang terus menerus dan dapat mencapai kapasitas penuh dari produk yang akan dihasilkan. DIharapkan pula pegawai Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir menjadi Sumber Daya Manusia yang professional sehingga kita diperlukan di dunia usaha, apabila kita telah pensiun. (Rachmawati L)