WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 22/11/2019) Di era pengembangan revolusi industri 4.0. dimana media sangat berperan dalam komunikasi dan menyampaikan informasi secara efektif, baik media cetak, audio, audio visual untuk kemajuan teknologi, sehingga media sangat berperan dalam mencapai tujuan suatu organisasi. 

Media audio visual  merupakan salah satu jenis media yang banyak dikembangkan dan digunakan untuk proses komunikasi dan informasi  baik dalam bidang pendidikan, perdagangan komersil (iklan), hiburan dan lain sebagainya, sehingga perlu adanya cara yang mudah, cepat  dan murah untuk mengkomunikasikan kegiatan dan hasil (produk) suatu organisasi kepada seluruh masyarakat luas.

Sejalan dengan perkembangan IPTEK penggunaan media baik yang bersifat visual, audio projected still media maupun projected motion media  bisa dilakukan secara bersamaan dan serentak melalui satu alat yang dikenal dengan multimedia. Sehingga dengan dukungan multimedia, perkembangan IPTEK dapat cepat dikenal dan dipahami oleh masyarakat melalui komunikasi dan infomasi media.

Dalam kegiatan  pemerintahan maupun swasta, sangat memerlukan dokumentasi baik tulis, visual, audio maupun video. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan membuat dokumentasi sekaligus informasi visual dan audio yang baik, sehingga perlu mempersiapkan SDM yang menguasai teknik pengambilan gambar dan  suara sampai proses editingnya.  

PTBBN sebagai Lembaga litbang dibidang pengembangan Teknologi Bahan Bakar Nuklir, dalam mendukung diseminasi produk litbang baik berupa Karya Tulis Ilmiah (KTI), produk prototipe maupun jasa litbang dan mitra kerja sama, sangat membutuhkan media untuk menyebarkan informasi dan komunikasi kepada masyarakat umum, mitra kerja maupun pemangku kepentingan, sehingga perlu didukung oleh multimedia yang berkualitas, efektif dan efisien.

Pada  Jumat, 22 November 2019 bertempat di Ruang Rapat Uranium, Gedung 20 IRM, telah dilaksanakan workshop Pembuatan Video Hasil  Litbang Iptek yang diikuti oleh 35 peserta di lingkungan PTBBN. Workshop ini  dilaksanakan untuk peningkatkan kompetensi personil dalam membuat audio visual, sehingga mampu memproduksi audio visual (video) yang berkualitas, efektif dan efisien untuk seluruh kegiatan yang dilakukan di PTBBN serta memiliki dokumentasi audio visual yang diproduksi oleh personil PTBBN yang akan digunakan sebagai sarana komunikasi dan informasi kepada masyarakat umum maupun kepada mitra kerja dan pemangku kepentingan.     

Workshop dibuka oleh Nasorudin, S.ST selaku Plh. Kepala PTBBN dan  sangat mendukung acara ini yang memang sangat dibutuhkan  bagi PTBBN, dan berharap semua kegiatan litbang dapat didokumentasikan dengan baik dan lengkap melaui audio visual yang dibuat sendiri oleh pegawai PTBBN.

Materi yang disampaikan sangat menarik, baik teori maupun praktek dengan menghadirkan Narasumber dari BHHK, Purnomo yang menyampaikan materi tentang isi video media sosial yang layak untuk ditayangkan serta video tentang diseminasi  dan etika hasil ke publik. Sehingga peserta bisa memahami video apa yang layak untuk dipublikasikan kemasyarakat.

Sedangkan M Fauzy ST, Narasumber dari PTBBN menjelaskan teori software Adobe After Effect dan praktek pembutan audio motion grafhic, dengan mengambil momen kegiatan di PTBBN. Antusias peserta terlihat dengan tetap semangat menyelesaikan praktek pembuatan audio visual  di pandu oleh narasumber. (farida)