WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 12/12/2019) Dalam mewujudkan PTBBN unggul di tingkat regional diperlukan kegiatan yang mendukung ke arah tersebut antara lain yaitu meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi internasional dalam bentuk karya tulis ilmiah (KTI). Peningkatan jumlah dan kualitas publikasi seiring dengan peningkatan kualitas pengetahuan penulisan KTI para pejabat fungsional, hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan berkualitas dalam bidang penulisan karya tulis ilmiah sangat dibutuhkan PTBBN dalam menghasilkan suatu Karya Tulis Ilmiah yang berkualitas dan merepresentasikan hasil litbang PTBBN agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Untuk menciptakan SDM yang handal dan berkualitas inilah PTBBN menyelenggarakan kegiatan pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah yang berlangsung selama 2 hari pada 11-12 Desember 2019 bertempat diruang Uranium PTBBN. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari para pejabat fungsional peneliti dan pranata nuklir tingkat ahli pertama dan ahli muda.

Dalam pelatihan ini, PTBBN mengundang narasumber Prof. Dr. DN. Adnyana, seorang peneliti ahli utama dan aktif sebagai dosen di Institut Sains dan Teknologi Nasional. Selain narasumber, ada tim pengajar dari pegawai PTBBN yaitu Dr. Dede Sutarya, MT, Ir. M. Husna Al Hasa, MT, Ir. Supardjo, MT, Ir. Aslina Br. Ginting, Ir. Masrukan, dan Ir. Antonio Gogo.

Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M selaku Kepala PTBBN dalam sambutannya menyampaikan, “PTBBN memiliki instalasi radiometalurgi, mestinya dengan memiliki instalasi ini PTBBN tidak tertinggal dalam nuklir dan bahan bakar. Teman-teman semua punya kesempatan, suatu saat saya akan share pada seminar-seminar yang berkaitan dengan dunia pertambangan, apalagi Indonesia memiliki kebijakan untuk melarang eksport raw material, otomatis yang berkaitan dengan program, alloy harus menjadi kewenangan PTBBN.”

Lebih lanjut Agus mengatakan, “Diharapkan teman-teman bisa berkontribusi didunia industri, bisa berupa paten dan inovasi namun memiliki keunggulan bahannya lebih murah (cheaper) ataupun prosesnya lebih cepat (faster). Sekilas, hal ini terlihat sebagai sesuatu yang baru, namun sebenarnya dunia penelitian juga berkaitan dengan dunia industri. Di luar negeri, katakanlah jepang atau amerika, mereka maju karena risetnya, terlihat lebih unggul dari kita, jika memang risetnya bagus pasti akan digunakan di industri.”

“Kita tidak perlu berkecil hati, terutama untuk para pegawai muda PTBBN, saya selalu sampaikan “senior sebagai penggerak, yang muda yang berkarya”. Kombinasi dari senior dan junior sangat diharapkan untuk menghilirkan riset ini ke dunia industri, sehingga kedepannya hasil-hasil litbang kita bukan hanya dituangkan kedalam publikasi ilmiah saja tapi juga bisa dihilirkan ke dunia industri,” ujar agus.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan penulisan artikel Karya Tulis Ilmiah, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas sehingga dapat terbit di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional. (Sar)