Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Uji Radiometalurgi PTBBN-BATAN

Bidang Uji Radiometalurgi mempunyai tugas melaksanakan pengembangan teknik uji radiometalurgi .....

Selengkapnya...
Slide item 4

Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir PTBBN-BATAN

Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir mempunyai tugas melaksanakan pengembangan teknologi fabrikasi bahan bakar nuklir.....

Selengkapnya...

(Tangerang Selatan, 20/12/2019) Tak bisa dipungkiri pada era revolusi industry 4.0, teknologi digital memainkan peranan yang sangat signifikan dalam berbagai sektor industri. Aplikasi mobile merupakan salah satu teknologi digital yang saat ini sangat berkembang dan banyak diminati oleh masyarakat. Kemudahan dalam menggunakannya menjadi poin penting kenapa masyarakat sangat menggandrungi aplikasi mobile. Fenomena maraknya aplikasi mobile atau aplikasi andoroid merupakan peluang bagi PTBBN untuk menjangkau lebih banyak lagi lapisan masyarakat agar semakin mengenal teknologi bahan bakar nuklir yang dikembangkan oleh PTBBN. Saat ini laboratorium uji bahan dan kalibrasi yang dimiliki oleh PTBBN telah dimanfaatkan oleh masyarakat (stakeholder) dalam melakukan pengujian bahan agar dapat diperoleh data atau hasil yang akurat berdasarkan parameter yang mereka inginkan.

Untuk lebih memudahkan pelayanan kepada para stakeholder, PTBBN mencoba menciptakan aplikasi berbasis android dengan fitur-fitur yang semakin lengkap dan memanjakan para stakeholder. Dalam merealisasikan hal tersebut, maka pada tanggal 19-20 Desember 2019 bertempat diruang rapat Silisida diadakanlah Pelatihan Pembuatan Aplikasi Android yang diikuti oleh para staf PTBBN yang akan mengembangkan aplikasi-aplikasi android yang dibutuhkan oleh PTBBN. Dalam pelatihan ini, PTBBN mendatangkan pengajar Teguh Arie Sandy dari Ahli Media, Malang Jawa Timur.      

“Ada beberapa yang kami harapkan dalam menghadapi industri 4.0, kita memang harus siap karena sesuatunya berbasis aplikasi, sehingga kegiatan ini memang sangat kita harapkan. Berharap ada satu target, apa sih yang mau diselesaikan dulu pada hari ini, jadi ada studi kasusnya yang harus diselesaikan dalam waktu yang telah kita sepakati bersama dan nanti akan kita monitor. Khususnya terkait dengan Layanan Laboratorium Uji Bahan dan Kalibrasi di PTBBN, sehingga nanti masyarakat atau pengguna akan lebih mudah melihat progress dari bahan yang mereka ujikan ditempat kita,” ujar Agus Sumaryanto selaku Kepala PTBBN dalam sambutannya.

Selain layanan uji dan kalibrasi, Kepala PTBBN mengharapkan kegiatan-kegiatan yang ada di PTBBN memiliki layanan informasi sehingga masyarakat bisa melihat berbasis aplikasi, demikian juga dengan layanan peminjaman ruang rapat perlu dibuatkan aplikasinya sehingga bisa terpantau jumlah antrian peminjaman ruang rapat dan pengguna ruang rapat pun bisa mengatur jam pemakaiannya. Selain berbasis android, mungkin nanti bisa muncul di layar monitor sehingga bisa terpantau apakah ruang rapatnya sedang digunakan atau available.

Lebih lanjut dikatakan “Berkaitan dengan sistem proteksi fisik, karena personil di unit pengamanan sangat terbatas, sementara PTBBN memiliki 2 instalasi dengan jarak yang berjauhan, sehingga diperlukan sebuah aplikasi dalam melakukan patrol. Jadi nanti patroli tidak lagi dilakukan dengan banyak jalan tapi bisa tetap memonitor dan bisa mengisi catatan terkait dengan apa yang sudah dilakukan sehingga bisa terbaca oleh petugas pengamanan yang lain,” lanjut Agus.

Diharapkan setelah diadakannya pelatihan ini, PTBBN memiliki SDM yang kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui aplikasi android yang kedepannya dapat diunduh melalui google playstore. (Sar)