WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 29/01/2020) Ditengah berita yang mungkin saat ini sedang menjadi buah bibir masyarakat yaitu “viruz corona” hari ini 29 Januari 2020, di PTBBN tepatnya di Gedung 65 kawasan Puspitek Serpong telah menciptakan sebuah sejarah yang baru, yaitu Launching Kegiatan BFBBN tahun 2020.  BFBBN merupakan salah satu bidang yang ada di PTBBN. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala PTBBN, para pejabat struktural di PTBBN, dan seluruh karyawan/karyawati BFBBN.

Diharapkan dengan adanya pemaparan kegiatan tersebut seluruh pegawai dapat memahami dan mengerti point apa nantinya yang harus dilaksanakan agar tercipta suatu pondasi utuh guna memajukan PTBBN dan tentunya untuk BATAN itu sendiri. Motivasi kerja yang tinggi dan kerjasama yang saling merangkul bersama seperti lidi tentunya adalah sebuah sikap yang diinginkan untuk mencapai semua tujuan organisasi, dan “PROGRAM KEMANDIRIAN TEKNOLOGI PLTN” adalah pioneer utama sasaran PTBBN ini.

Dalam sambutannya Ir. Agus Sumaryanto, M.S.M. selaku Kepala PTBBN menyampaikan bahwa untuk tahun 2020 - 2024, BATAN ditunjuk sebagai koordinator dalam tiga bidang Prioritas Riset Nasional (PRN) yaitu bidang energi untuk pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), bidang pertahanan dan keamanan untuk sistem pemantau radiasi lingkungan, dan bidang kesehatan untuk radioisotop dan radiofarmaka. PTBBN yang berperan penting dalam bidang energi untuk pembangkit listrik tenaga nuklir, memiliki sasaran teknis untuk memperoleh penguasaan teknologi fabrikasi elemen bahan bakar nuklir.

Lebih lanjut, Kepala BFBBN Ir. Rr. Ratih Langenati, MT. mengatakan bahwa dalam lima tahun ini, bidangnya mempunyai sasaran untuk memperoleh prototipe bahan bakar reaktor riset dalam bentuk UMo dan UZr dan prototipe bahan bakar reaktor daya untuk tipe Pressurized Water Reactor (PWR). Untuk program prototipe bahan bakar reaktor daya diketuai oleh dirinya, sedangkan program prototipe bahan bakar reaktor riset diketuai oleh Ir. M. Husna Al Hasa, MT. Untuk mencapai itu, menurutnya perlu adanya dukungan teknis dan non teknis dari berbagai bidang yang terkait. Selain itu, mengingat akan terjadinya penurunan jumlah SDM yang disebabkan purnabakti, ia menyebut perlu lebih ditingkatkan pengembangan SDM yunior untuk dapat menggantikan peran SDM yang telah purnabakti dan juga untuk lebih mengoptimalkan kegiatan penelitian.

Bukan hanya pegawai yang antusias, tetapi ada beberapa senior yang telah purnabakti juga ikut meramaikan acara ini tentunya guna memberikan informasi atau sharing tentang bagaimana sistem kerja dulu yang pernah mereka kerjakan agar bisa menjadi gambaran kita kedepan untuk lebih baik lagi, memberikan pelayanan kepada negeri ini. Terlihat beberapa pensiunan yang turut menghadiri acara ini, seperti Ir. Bambang Herutomo yang merupakan mantan kepala BFBBN yang kini menjabat sebagai Pranata Nuklir Madya di Pusat Reaktor Serba Guna (PRSG).

Harapannya dengan adanya kegiatan ini setiap karyawan dapat mengerti tugas yang akan dijalani dan dapat saling menyongsong semangat kerja yang baru dan menyelesaikan semua target yang telah disusun oleh manjemen ini. (Anita/Fik)