WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 02/03/2020) Sebanyak 22 orang mahasiswa Universitas Pelita Harapan melakukan kunjungan dalam rangka pendalaman studi tentang fisika di Kawasan Nuklir Serpong (KNS), salah satu fasilitas yang dikunjungi adalah Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN) yang terletak di gedung 65 Instalasi Elemen Bakar Eksperimental (IEBE).

Para mahasiswa didampingi oleh pembimbing dari universitas sebanyak 2 orang dan pendamping dari Pusat Diseminasi dan Kemitraan (PDK) serta dari Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir (PPIKSN). Peserta kunjungan disambut dan diberikan ucapan selamat datang oleh Arief Sasongko Adhi dan Mu'nisatun Sholikhah selaku Petugas Layanan Informasi (PLI) PTBBN. Didalam fasilitas IEBE, peserta kunjungan  diberikan penjelasan mengenai tugas dan fungsi PTBBN dalam melakukan penelitian dan pengembangan bahan bakar untuk Reaktor yang ada di Indonesia, yaitu Reaktor G.A.Siwabessy di Serpong, Reaktor Triga 2000 di Bandung dan Reaktor Kartini di Yogyakarta.

Reaktor nuklir di Indonesia telah banyak dirasakan manfaatnya bagi masyarakat dalam bidang kesehatan, pangan, industri, dan pengawetan makanan. Sebelum memasuki laboratorium, pengunjung diberi penjelasan tentang keselamatan pengunjung oleh Akhmad Saogi Latief dari Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, beliau menjelaskan tentang kegunaan pengukur dosis saku yang dikenakan oleh salah satu pengunjung yaitu untuk memantau apakah pengunjung terkena paparan radiasi dalam melakukan kunjungan. Beliau berpesan kepada pengunjung untuk tidak memegang apapun yang ada di dalam laboratorium. Pengunjung kemudian mengunjungi Fasilitas PCP (Pilot Conversion Plant) - HR 36, Fasilitas Fabrikasi HR-05 dan HR- 08. Selama kunjungan, pengunjung dipersilahkan berdiskusi langsung dengan para pemandu seputar kegiatan yang dilakukan di fasilitas IEBE. (rachma)