WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 24/07/2020) Berdasarkan tugas yang diberikan kepada Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir (BFBBN) ditahun 2024, selain menghasilkan suatu prototipe, BFBBN juga akan menyusun satu dokumen yang berisi pengalaman-pengalaman dari para pakar di BFBBN dalam rangka memfabrikasi bahan bakar reaktor daya maupun reaktor riset.

Untuk itu pada tanggal 22 Juli 2020 diselenggarakan acara Knowledge Sharing yang dimotori oleh Bidang Fabrikasi Bahan Bakar Nuklir dengan tema "Progress Draft Dokumen Engineering Fabrikasi BBRD”. Acara ini dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dengan Narasumber Ir. Tri Yulianto dan diikuti oleh para pegawai di Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir (PTBBN). 

Dalam sambutannya Ratih Langenati selaku kepala BFBBN menyampaikan, saat ini akan dipresentasikan kemajuan yang telah diperoleh dalam memfabrikasi bahan bakar reaktor daya, dan kedepan dokumen ini diharapkan dapat membantu dalam mengambil keputusan/kebijakan.

Kepala PTBBN, Agus Sumaryanto dalam arahannya mengatakan, "Ini menjadi konsen kita bersama yang saya sampaikan beberapa waktu yang lalu, kita akan membuat dokumen, bagaimana 5 tahun kedepan ditahun Renstra, kita mau ngapain di fabrikasi bahan bakar reaktor daya. Makanya di akhir tahun 2024, kita buat prototipe, prototipe apa, prototipe Pin PWR saja. PWR yang mana, PWR yang berdaya saing, PWR pengkayaan. Satu petunjuk itu seperti apa, bukan yang lainnya tidak berkelas, tetap kita pelajari tapi ini yang kita utamakan. Inilah yang kemudian kita usulkan ke Biro Perencanaan, kita usulkan ke Bappenas," ujar Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, "Seperti apa harapannya, harapan kita buat desain, dan ini harus didokumentasikan supaya lebih detail. Kita juga akan mengundang teman-teman dari engineering company, karena rekayasa litbang itu beda, bagaimana kita me-engineering-kan, jadi kita itu merekayasa kesana dalam bidang prototipe, bagaimana kita itu membuat prototipe, tahapannya kesana, apa itu data, apa itu konseptual desain, dan seterusnya," lanjut Agus.       

Tri Yulianto memaparkan materi yang sangat luar biasa, sangat terlihat antusiasme dari para peserta dalam mengikuti acara knowledge sharing ini. Pada sesi diskusi terjadi pertukaran gagasan dan pemikiran yang cukup lama dan intensif antara Tri dengan peserta, namun proses diskusi tetap berjalan dengan lancar dan kondusif.

Diharapkan kegiatan knowledge sharing ini bisa membuat peserta sama-sama belajar dan menambah pikiran serta pengetahuan tentang sesuatu yang belum pernah diterima dan diketahui sebelumnya, dan tentunya acara ini dapat menambah taraf pengetahuan yang barubagi para peserta. (Islah/Sar)