WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 30/07/2020) Uji Tak Merusak adalah suatu cara untuk menguji mutu atau kondisi suatu objek, barang atau produk dengan metode tanpa merusak. Menurut ASTM E 1316, Uji Tak Merusak bertujuan untuk mendeteksi, mengukur, menemukan dan mengevaluasi diskontinuitas dan ketidaksempurnaan lainnya.

Kegiatan penelitian dan pengujian yang dilakukan di PTBBN salah satunya adalah pengujian bahan bakar nuklir pasca iradiasi, dan uji tak merusak menjadi ujung dari pengujian pasca iradiasi. Dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman yang mendalam mengenai uji tak merusak ini, karena interpretasi dari hasil pengujian akan menentukan langkah-langkah pengujian berikutnya.

Atas dasar itulah pada tanggal 30 Juli 2020 PTBBN menyelenggarakan knowledge sharing dengan tema Uji Tak Merusak Bahan Bakar Nuklir pasca Iradiasi Menggunakan Radiografi Sinar-X. Acara ini dilaksanakan secara daring dengan narasumber Refa Artika, S.ST dari Bidang Uji Radiometalurgi (BUR-PTBBN) dan diikuti oleh pegawai PTBBN.

Sungkono selaku Kepala BUR dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban kegiatan kita di tahun 2020 yang masih terkendala karena pandemic, diharapkan nantinya dapat mengurangi egosentris antar bidang,” ujar Sungkono.

Dalam presentasinya, Refa memaparkan bahwa untuk melakukan uji tak merusak, PTBBN menggunakan alat radiografi tanpa film, dimana radiografi ini diamati secara realtime. Alat radiografi ini merupakan direct radiografi. Pengujian yang dilakukan difokuskan pada pra dan pasca iradiasi. Adapun sampel yang pernah dilakukan pengujian adalah PEB pra dan pasca iradiasi, short pin PWR, dan sampel wedge.

Antusias peserta sangat terlihat saat sesi diskusi, sehingga diskusi terasa hidup dan dinamis. Diharapkan setelah dilaksanakannya acara knowledge sharing ini, peserta dapat lebih memiliki pengetahuan yang tepat dan mendalam mengenai uji tak merusak ini, dan kedepannya diharapkan dapat terbentuk sinergi penelitian di PTBBN. (Ism/Sar)