WBK

.....

Slide item 8

.....

Slide Stop

.....

Slide item 1

Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Radiometalurgi PTBBN-BATAN.....

Selengkapnya...
Slide item 2

Instalasi Elemen Bakar Eksperimental PTBBN-BATAN

PTBBN BATAN memiliki fasilitas Instalasi Elemen Bakar Eksperimental .....

Selengkapnya...
Slide item 3

.....

Slide item 4

.....

Slide item 6

.....

WBS

.....

(Tangerang Selatan, 11/08/2020) Keadaan New Normal pada massa Pandemi COVID-19 jangan sampai mengancam kesehatan kita secara fisik maupun mental, karena banyaknya berita buruk yang diterima sehingga membuat kita cemas akan hidup diri kita sendiri, keluarga, teman terdekat, dan bahkan lingkungan sekitarnya. Kecemasan berlebihan dapat muncul pada masa karantina mandiri sehingga  dianjurkan agar kita membiasakan hidup sehat, berpikiran positif, dan menjauhkan stres sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk mencegah masuknya virus kedalam tubuh.  Dalam menghadapi pandemi ini Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir memberikan pembekalan agar pegawai PTBBN dapat senantiasa menjaga kesehatan mental dan fisik serta tetap dapat berkinerja baik, produktif dan inovatif salah satunya dengan sehat menyelenggaran webinar dengan judul “Sehat Fisik dan Mental Serta Berkinerja Inovatif di Tengah Pandemi” pada tanggal 11 Agustus 2020 yang diikuti oleh seluruh pegawai PTBBN,  dengan narasumber Niswati Amanah, S.Psi, Psi, ECC yang memaparkan tentang “Menjaga Kesehatan Mental dan Kinerja Inovatif di Tengah Pandemi”, dan dr. Artati Murwaningrum, Sp.PD  memaparkan tentang “Perkembangan Covid-19 di Kawasan Nuklir Serpong dan Tips Sehat Fisik di Tengah Pandemi”.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir mengungkapkan harapannya agar seluruh pegawai PTBBN sehat baik fisik maupun mental dalam menghadapi masa pandemi terus berkinerja baik  dan berinovasi dalam menjalankan tugas, PTBBN mengoptimalkan penyelenggaran kegiatan knowledge sharing dan webinar selama pandemi ini.

Niswati Amanah, S.Psi, Psi, ECC sebagai narasumber materi kesehatan mental menyampaikan bahwa dimasa pandemi sekarang ini kita banyak menghadapi tantangan, kita dianjurkan untuk bekerja dari rumah atau di kantor dalam suasana yang berbeda dari biasanya bukan hanya  perubahan cara kerja namun habit pun berubah dimana seluruh pegawai harus menerapkan protokol kesehatan secara dispilin”. Keadaan sekarang dapat menimbulkan dampak terhadap kebiasaan hidup dalam bekerja. Terdapat 4 faktor sebagai bekal yang harus dimiliki dalam menghadi kondisi ini, yaitu mindset, knowledge, skill, dan post and reflex. Kita semua harus prepare for unexperted karena tidak tau pandemic ini akan sampai kapan berakhir, sehingga harus menguatkan diri dan saling menguatkan dalam komunitas serta menjaga kesehatan mental. Mental sehat adalah keadaan full acceptance, mampu menyesuaikan diri dengan realitas bersikap positif dan banyak bersyukur, serta ditandai dengan keinginan untuk tetap berkembang dan tetap melakukan aktivitas yang disukai. Dalam penutupnya, beliau menyampaikan Rahasia hidup sehat jiwa raga adalah dengan menikmati segala momen kehidupan dengan selalu berpikiran positif dan tidak perlu terlalu khawatir atau cemas terhadap keadaan.

Artati Murwaningrum, Sp.PD sebagai narasumber materi kesehatan fisik menyampaikan dalam paparannya bahwa PTBBN sejak awal pandemi seluruh jajaran pegawainya memiliki pola pikir yang terbuka dan sangat menerima masukan terhadap keadaan pandemi ini. Beliau juga mengatakan bahwa virus itu ada tapi jangan sampai membuat hidup kita takut akan keadaan ini. Beliau menyampaikan data - data terkait updating covid -19 dan penanganannya di KNS BATAN. Seluruh pegawai diharapkan tidak stress jika diminta untuk karantina mandiri, karena hal tersebut penting dan baik bukan hanya untuk lingkungan namun juga untuk diri sendiri. Jumlah hari karantina sebanyak 14 hari adalah dengan alasan karena virus di hari ke 14 sudah tidak membelah diri sehingga potensi menularkan berkurang. Untuk meningkatkan imunitas tubuh, beliau menyarankan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit sehari, makan makanan sehat, cukup minum dan cukup istirahat. Kita dianjurkan untuk menjaga diri dan lingkungan yanitu dengan selalu mematuhi protokol kesehatan, rajin mencuci tangan dengan 6 langkah yang benar, senantiasa menggunakan masker dan jaga jarak minimal 1 meter.

Diakhir acara Agus Sumaryanto mengatakan antara fisik dan mental harus seimbang. Memupuk kepedulian diantara kita dalam menghadapi situasi pandemi dan harus waspada jangan lengah dalam menghadapi keadaan.  Semoga pegawai PTBBN selalu senantiasa menumbuhkan kesehatan mental  dan kesehatan fisik, senantiasa menjaga emosi selalu positif, selalu bahagia, jangan lupa olahraga, konsumsi makanan yang sehat sehingga imunitas meningkat serta menjalankan protokol kesehatan dengan baik. (Ra,Ms)