RDE_60thn_BATAN
SENTEN-2018
PTKRN Full Team

Pada tanggal 8 September 2021, Pusat Riset dan Teknologi Reaktor, Keamanan dan Keselamatan Nuklir (PRTRKKN) kembali mengadakan kegiatan seminar internasional teknologi Nuklir yang dikenal juga dengan ICONETS atau International Conference on Nuclear Energy Technologies and Sciences, yang tahun ini memasuki tahun ke-4 dalam penyeleggaraannya.

Kegiatan ICONETS di tahun ini merupakan kerjasama dari beberapa pihak, yaitu diantaranya adalah Organisasi Riset Tenaga Nuklir (BATAN) dan juga dari Himpunan Peneliti Indonesia (Himpenindo). Acara ini juga didukung oleh International Atomic Energy Agency (IAEA), termasuk juga dari kalangan akademisi baik nasional maupun internasional yang ikut meramaikan acara dengan mepresentasikan hasil penelitian maupun tulisan ilmiah yang telah dibuat.

Acara ini diselenggarakan secara online dengan menggunakan platform Zoom Video Conference. Webinar ini juga ditanyangkan melalui kanal Youtube Bada Riset dan Inovasi Nasional. Hal ini terpaksa dilakukan mengingat kondisi pandemi Indonesia yang masih belum memungkinan untuk acara Seminar dapat diselenggarakan secara tatap muka.

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Dr. Jupiter Sitorus Pane, M.Sc., kemudian acara resmi dibuka oleh kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc. yang juga memberikan sedikit paparan mengenai pentingnya teknologi Nuklir dimasa depan, dan juga perlunya upgrade dalam hal peralatan penunjang teknologi nuklir. BRIN sendiri berencana untuk meng-upgrade fasilitas reaktor yang dimiliki oleh Organisasi Riset Tenaga Nuklir, yaitu Reaktor Triga 2000 Bandung, Reaktor GA. Siwabessy Serpong dan Reaktor Kartini Yogyakarta.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan persentasi dari keynote speaker diantaranya adalah Prof. Dr. Anhar Riza Antariksawan, Ir. Shahrir Ika, MM selaku Ketua Himpenindo, Dr. Stefano Monti selaku Section Head of Nuclear Power Technology Development – IAEA, dan Dr-Ing. Dirk Lukas selaku Head of Computational Fluid Dynamics - HZDR .

Selanjutnya acara diteruskan dengan presentasi mengenai makalah/tulisan ilmiah/penelitian yang telah disubmit oleh masing-masing presenter yang terbagi dalam beberapa sesi di Zoom Conference. Acara ditutup secara resmi pada pukul 17:00 WIB oleh Dr. Jupiter Sitorus Pane, M.Sc selaku chief committee acara webinar ICONETS tahun 2021 yang kemudian disusul dengan acara foto bersama.

(Serpong, 13/3) PTKRN BATAN melaksanakan Pelatihan Dasar Profesi Keselamatan Nuklir (Nuclear Basic Professional Training Course on Nuclear Safety/NBPTC) yang merupakan Program Pelatihan Reguler dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BATAN. Pelatihan yang bertempat di Gedung 80 Kawasan Puspiptek Serpong ini diselenggarakan pada 2-13 Maret 2020, dihadiri oleh 24 orang peserta.

(Serpong, 20/2) PTKRN BATAN bekerjasama dengan Pusat Teknologi Keselamatan dan Metrologi Radiasi (PTKMR) BATAN dan Pusat Standardisasi Mutu Nuklir (PSMN) BATAN melaksanakan kegiatan Loka Karya K3 BATAN Tahun 2020. Agenda tahunan BATAN ini diselenggarakan di Auditorium Gedung 71 Kawasan Nuklir Serpong pada 19-20 Februari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Bulan K3 Nasional.

(Serpong, 9/1) Menyusul pelantikan Kepala PTKRN baru pada (2/1), dilakukan serah terima jabatan Kepala PTKRN dari Dr. Geni Rina Sunaryo, M.Sc. kepada Dr. Ir. Mohammad Dhandhang Purwadi, M.T. Sebelumnya, Dr. Geni telah memimpin PTKRN selama lima tahun, pada periode 2014-2019. Era kepemimpinan Dr. Geni utamanya ditandai dengan program Reaktor Daya Eksperimental (RDE), yakni program pendesainan reaktor daya nuklir skala eksperimental berbasis teknologi high temperature gas-cooled reactor (HTGR).

(Banyuwangi, 21/11) Menyusul kuliah tamu sebelumnya, PTKRN BATAN kini bekerjasama dengan Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) dalam menyelenggarakan Kuliah Tamu yang mengambil tema Perkembangan Energi Nuklir dan Aspek Keselamatannya pada 21 November 2019. Seminar ini bertempat di Auditorium Lantai 5 Kampus Poliwangi. Peserta yang hadir berjumlah sekitar 100 orang, terdiri dari dosen dan mahasiswa dari 12 prodi.