Slide item 1

PTLR-BATAN Menerima Pengelolaan Limbah Radioaktif dari Seluruh Indonesia

Di Indonesia zat radioaktif dimanfaatkan khususnya oleh industri dan rumah sakit. .....

Selengkapnya...
Slide item 2

Keselamatan Menjadi Prioritas Utama dalam Pengelolaan Limbah Radioaktif

Keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan merupakan faktor utama dalam kegiatan fasilitas nuklir di Serpong .....

Selengkapnya...
Slide item 3

Tugas dan Tanggung Jawab Pengelolaan Limbah Radioaktif di Indonesia adalah PTLR-BATAN

Dalam UU No.10 Tahun 1997 tentang Ketenaganukliran, bahwa Pengelolaan Limbah Radioaktif dilaksanakan oleh Badan Pelaksana .....

Selengkapnya...
Slide WBS
Slide LRA

Layanan Pengelolaan Limbah Radioaktif PTLR Langsung "panas" di Awal Tahun 2020

Layanan pengelolaan limbah radioaktif PTLR langsung "panas" di awal tahun 2020, tidak perlu menunggu waktu hingga tengah tahun. .....

Selengkapnya...

(Tangsel, 21/11/2019) Pada tanggal 19 November 2019 Mahasiswa FMIPA Universitas Indonesia sebanyak 37 orang berkunjung ke Pusat Teknologi Limbah Radioaktif (PTLR) BATAN, untuk belajar pengelolaan limbah radioaktif.  Pertama tama rombongan diterima di loby gedung 50 Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Rombongan diterima oleh pemandu PTLR.

Rombongan dijelaskan tentang Pengelolaan Teknologi Limbah Radioaktif yang disampaikan oleh pemandu PTLR (Marhaeni Joko P) yaitu : tugas dan fungsi  PTLR yang merupakan satu-satunya Instansi Pemerintah di Indonesia dibawah naungan BATAN yang diberi kewenangan oleh Undang-undang untuk mengelola limbah radioaktif dari seluruh Indonesia.  Dalam Penjelasannya pemandu menerangkan pengertian limbah radioaktif,  jenis-jenis radioaktif, asal usul limbah radioaktif, definisi limbah radioaktif serta cara pemrosessan limbah radioaktif.  Agar mudah diingat denifisi limbah radioaktif adalah : zat radioaktif, bahan dan peralatan yang terkontaminasi, bahan dan peralatan yang diaktivasi bahan dan pralatan yang tak digunakan lagi itulah definisi dari limbah radioaktif. Selain itu pemandu juga menjelaskan tentantang fasilitas yang dimiliki oleh PTLR antara lain :  evaporator, kompaktor, insenerator, gedung penyimpanan limbah radioaktif, KH IPSB3 dan lain-lain. Tim Pemandu juga menjelaskan bahwa PTLR tidak hanya berkonsentrasi terhadap pengelolaan limbah radioaktif saja namun juga sangat peduli terhadap lingkungan disekitarnya. Pemandu juga menjelaskan tentang penyimpanan limbah sementara (S1) yang dikemas dalam drum dan ditata apik serta rapih dengan sistem keamanan dan keselamatannya.

Kunjungan  dilanjutkan dengan melihat Instalasi Pengolahan Limbah Radioaktif  (IPLR), di sana pemandu memberikan penjelasan secara detail kepada rombongan mengenai cara pemrosesan pengolahan limbah cair dengan evaporator,  cara pencucian (Loundry) dan cara pengolahan limbah padat secara kompaksi maupun insenerasi, dengan memperhatikan sistem keselamatan lingkungan disekitarnya. Rombongan sangat antusias sekali mendengarkan penjelasan dari pemandu, hal ini terlihat dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada pemandu sekitar tentang proses pengolahan limbah radioaktif dan penyimpanan limbah radioaktif. Kunjungan diakhiri dengan pemberian brosur leaflet PTLR dan mengisi koesioner IKM kunjungan. ,  PTLR sangat senang menerima kunjungan Mahasiswa FMIPA Universitas Indonesia, setelah mengunjungi PTLR mahasiswa dapat memberikan informasi tentang iptek nuklir khususnya mengenai pengelolaan limbah radioaktif,   kepada teman mahasiswanya atau lingkungan disekitar kampus ataupun pada masyarakat luas. (rk)

 

LAPORKAN GRATIFIKASI, SUAP, KORUPSI MELALUI ANDROID





Layanan Limbah Radioaktif



Pengaduan Masyarakat



Portal Sistem Informasi



Statistik Pengunjung

Live Visitors Counter

Hubungi Kami

Pusat Teknologi Limbah Radioaktif - Badan Tenaga Nuklir Nasional

Gedung 50 Kawasan PUSPIPTEK Serpong Tangerang Selatan 15310 INDONESIA

Telp. (021) 7563142 , Fax. (021)7560927

website: www.batan.go.id/ptlr

email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.